Fakta Unik di Balik Makanan (1)

By nova.id, Rabu, 4 Februari 2009 | 06:40 WIB
Fakta Unik di Balik Makanan 1 (nova.id)

Simak fakta unik di balik makanan yang mungkin selama ini luput dari perhatian Anda.1. Jeruk lemon ternyata mengandung gula lebih banyak dibandingkan stroberi.

2. Nama bawang ternyata diambil dari kata dalam bahasa Latin yang berarti mutiara berukuran besar.

3. Setengah dari penduduk dunia ternyata makanan pokoknya adalah beras.

4. Makanan cepat saji ternyata bukan hal baru. Sisa-sisa kedai fast food ternyata juga ditemukan diantara reruntuhan puing-puing kota kuno. Bahkan, bangsa Yunani kuno pun terbukti amat menyukaikebiasaan makan cepat ini. Yang dapat dibilang baru hanyalah jenis produknya yang dibuat secara massal, pilihan menunya yang dibuat sesuai standar, dan resep-resep fast food yang ditetapkan juga dalam sistim berantai. Wow!

5. Keripik kentang ternyata ditemukan oleh seorang Indian di Amerika Utara bernama George Crum.

6. Sepanjang hidupnya setiap orang rata-rata menghabiskan 35 ton makanan, lho. Bukan main!

7. Es krim ternyata merupakan makanan Cina, lho! Ketika Marco Polo kembali ke tanah asalnya, Italia, dari Cina pada tahun 1295, selain membawa aneka benda, ia pun membawa serta sebuah resep. Resep ini tak lain resep hidangan penutup warga Cina yang terkenal dengan sebutan "es susu". Kemudian bangsa Eropa mengganti susu dengan krim sekaligus mengubah sebutannya menjadi "es krim". Sejak itulah es krim menjadi hidangan yang laris manis dan disukai siapa saja.

8. Tahukan Anda, pendiri kedai cepat saji McDonald rupanya seorang pemegang gelar kesarjanaan di bidang ilmu yang mendalami seluk beluk hamburger. Amat sesuai, ya!

9. Warga Perancis ternyata menghabiskan kira-kira 500 juta ekor siput setiap tahun untuk hidangan escargot.

10. Wortel ternyata dapat benar-benar membantu ketajaman mata Anda di saat berada dalam kegelapan. Vitamin A dikenal sebagai pencegah rabun senja dan wortel kaya akan kandungan Vitamin A.

11. Sereal pertama yang dijadikan sarapan rupanya terbuat dari gandum KW2 alias yang sudah tak utuh lagi. Waduh!

12. Waspadalah, tak kurang dari sekitar 100 ribu bakteri terdapat dalam 1 liter air minum.Paskaria