Yuk, Bikin Es Krim Sendiri!

By nova.id, Senin, 10 November 2008 | 04:15 WIB
Yuk Bikin Es Krim Sendiri! (nova.id)

Yuk Bikin Es Krim Sendiri! (nova.id)

"Foto: Agus Dwianto/NOVA "

1. Waktu. Biasanya, waktu yang dibutuhkan untuk membuat es krim adalah 24 jam. Biasakan untuk menyimpan wadah pembuat es krim di dalam freezer, dan bungkus rapat dalam kantung plastik. Dengan cara ini, wadah/cetakan es krim selalu siap pakai.

2. Adonan. Hindari adonan untuk es krim yang terlalu dingin. Tuang adonan ke dalam wadah berukuran satu liter dan dinginkan di dalam kulkas selama satu malam.

3. Cetakan. Jangan isi penuh cetakan es krim! Hasil yang terbaik adalah bila diisi tiga perempat bagiannya saja. Memang akan tampak sedikit kosong, tetapi percayalah jika mengisi sampai penuh, es krim tak akan tercampur secara benar.

4. Kuning Telur. Tak peduli apa yang tertulis pada resep, jika mencampurkan kuning telur sebagai dasar es krim, jangan pernah mencampurkan krim panas lebih dari 3 atau 4 sendok makan ke dalam kuning telur sebelum memindahkannya kembali ke dalam krim. Lakukan secara perlahan-lahan. Tak ada yang lebih parah daripada menciptakan telur menjadi matang seperti urak-arik secara tak sengaja.

5. Rum. Mengenai minuman lain, jika akan menggunakan rum sebagai bahan tambahan untuk es krim, kuncinya adalah gunakan secukupnya. Jika lebih dari seperempat cangkir, rum akan mengganggu kemampuan es krim untuk membeku.

6. Ekstrak Rasa. Tambahkan ekstrak rasa (vanila, stroberi, almon, jeruk, dan lainnya) sesudah adonan es krim mendingin. Jangan menambahkan rasa sebelum mengocoknya demi mendapatkan rasa yang terbaik.

7. Tambahan Lain. Tambahkan ke dalam adonan es krim dengan irisan cokelat, kacang, dan potongan permen hanya pada saat terakhir setelah adonan dikocok, dan es krim harus sudah jadi. Anda hanya perlu mendistribusikan campuran ini secara rata.

8. Wadah Es Krim. Tempat yang tak terlalu cekung dan rata sangat baik digunakan untuk membekukan dan menyimpan es krim.

9. Bungkus Plastik. Agar tak terjadi pembentukan kristal es, tutup permukaan es krim dengan bungkus plastik atau kertas parafin sebelum menutup wadahnya.

10. Batas Waktu. Es krim buatan sendiri dapat disimpan di dalam kulkas selama satu minggu. Sesudah itu, es krim akan mulai kehilangan rasa dan tekstur krimnya. Segera makan dan jangan dismpan terus! Jika sudah habis, Anda bisa membuatnya lagi, bukan?

Aline