Pameran Organic, Green, dan Healthy

By nova.id, Kamis, 4 Oktober 2012 | 19:49 WIB
Pameran Organic Green dan Healthy (nova.id)

Pameran Organic Green dan Healthy (nova.id)

"Foto: Krisna "

 Menurut Yasmin Wirawan, istri Menteri Perdagangan RI, Gita Wirawan yang didaulat untuk membuka acara ini, di seluruh dunia, tren mengunsumsi makanan organic terus meningkat. "Tiap tahun peningkatan antara 10 sampai 20 persen. Ini sebuah peluang bisnis yang sangat bagus bagi industri organik di Indonesia untuk melakukan ekspor ke luar negeri," tandas Yasmin.

Sayangnya, lanjut Yasmin, produksi makanan organik di Indonesia masih dalam tataran industri kecil dan menengah. "Ini tugas pemerintah untuk terus mengembangkan industri organik di dalam negeri agar mampu bersaing di pasar dunia." Yasmin mengakui, di banding dengan India, perkembangan industri makanan organik di Indonesia masih kalah. Mungkin karena tren makanan organik baru berkembang lima tahun terakhir ini.

 Yasmin juga mengingatkan kepada para undangan yang kebanyakan ibu-ibu untuk terus mengonsumsi makanan organik untuk keluarganya. "Karena ibu adalah kuncinya. Perannya sangat besar untuk meningkatkan konsumsi makanan organik di Indonesia."

 Selain menggelar pameran, setiap hari panitia juga menggelar beragam workshop seperti yang dilakukan oleh Komunitas Jakarta berkebun yang mengajari pengunjung menanam tanaman organik di pekarangan atau lahan sempit.  Ada juga demo masak dengan bahan-bahan organik dan pengobatan gratis dengan ramuan herbal. Krisna