Sigi Wimala Meriahkan Festival Museum

By nova.id, Selasa, 11 September 2012 | 18:21 WIB
Sigi Wimala Meriahkan Festival Museum (nova.id)

Sigi Wimala Meriahkan Festival Museum (nova.id)

"Museum Pangsar (Foto: Rini) "

 Artis Ibukota Sigi Wimala yang kini menjadi Duta Museum, akan turut diarak dengan menggunakan kereta koleksi keraton Jogya. Demikian halnya para Dhimas Dhiajeng akan mengendarai Andong hias. Acara ini start dari Taman Parkir Abu Bakar Ali (utara Hotel Garuda) dan berakhir di depan Pagelaran Kraton.   

 Usai upacara pembukaan akan diteruskan dengan pameran koleksi masing-masing museum yang ada di Jogja dan kota-kota lain seperti Kalimantan Timur, Museum Istiqlal dan Bayt  Al Quran, Jakarta, Museum Perangko, Museum Olahraga Nasional Jakarta, Museum Perjuangan Wanita. Pameran berlangsung di Pagelaran, Kraton. Gratis untuk umum. Selain itu juga diadakan berbagai lomba untuk umum serta panggung kesenian.   

Festifal Museum  ini diselenggrakan atas kerjasama Badan Musyawarah Museum (Barahmus) DIY dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi DIY. Tujuannya untuk lebih mendekatkan museum kepada masyarakat. Agar masyarakat lebih mencintai museum, sehingga ke depan, kunjungan wisatawan ke museum menjadi meningkat.    Untuk itu, menurut Ketua Barhmus DIY, KRT. Thomas Haryonagoro pihaknya senantiasa meningkatkan pengetahuan para pemandu museum agar lebih mampu memandu wisatawan yang berkunjung ke museum.

Sementara Kadinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi DIY, GBPH.Yudhaningrat mengemukakan ke depan anak-anak sekolah akan diwajibkan mengunjungi museum. "Kami sudah membeli dua buah bus untuk mengangkut anak-anak TK dan SD di pinggiran Jogja ke berbagai museum. Gratis," tegasnya.Rini