Pancake Rusa

By nova.id, Rabu, 21 November 2012 | 05:01 WIB
Pancake Rusa (nova.id)

Bahan:150 ml susu cair1 sdm air lemon125 gr tepung terigu protein sedang1 sdt baking powder¼ sdt garam2 btr kuning telur1 sdm gula pasir2 btr putih telur, kocok kaku25 gr mentega, lelehkan

Pelengkap:50 ml selai kacang50 ml whipped cream20 g chocolate chips100 g stroberi segar

Cara Membuat:1. Campur susu dan air lemon, aduk rata. Diamkan selama 15 menit. Sisihkan.2. Ayak tepung terigu, baking powder, dan garam. Sisihkan.3. Kocok kuning telur hingga lembut. Tuang campuran susu, aduk rata.4. Tambahkan gula pasir dan campuran tepung terigu, aduk rata.5. Masukkan putih telur sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Terakhir, masukkan mentega leleh, aduk rata. Diamkan selama 1 jam.6. Panaskan pan dadar antilengket berdiameter 14 cm dan 8 cm, tuang adonan secukupnya ke dalam masing-masing pan dadar, ratakan. Masak sampai matang di atas api kecil. Angkat. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis.7. Oles sebagian pancake yang lebih besar dengan selai kacang. Tangkupkan pancake yang lebih kecil seperti contoh.8. Tambahkan mata dari whipped cream, beri bola mata dari chocolate chips. Buat hidung dan tanduk dengan potongan stroberi.

6 porsi 90 menit

Tips:- Agar tidak cepat kering, tutup pancake dengan plastik.- Buat adonan pancake satu malam sebelumnya lalu simpan di dalam wadah kedap udara dan masukkan ke dalam kulkas. Saat akan di masak, aduk rata adonan agar adonan tidak mengendap.

Resep: Dahrani Putri, Uji Dapur: Yulia, Penata Saji: T. Firta Hapsari, Foto: Adrianus Adrianto/NOVA