Iwan Fals Bicara Kopi

By nova.id, Kamis, 26 Juli 2012 | 19:23 WIB
Iwan Fals Bicara Kopi (nova.id)

Iwan Fals Bicara Kopi (nova.id)

"Iwan Fals (Foto: Ical) "

Penyanyi kawakan ini amat selektif menerima tawaran menjadi bintang iklan. Namun baru-baru ini Iwan Fals tampil menjadi bintang iklan produk kopi baru, "Top Coffee". Apa alasannya?

"Banyak masalah (di negeri ini) yang perlu disuarakan dan ini butuh support. Masak saya minta bantuan sama partai," ujar Iwan yang menilai langkah ini tak salah, asal tak melanggar hukum. Iwan pun tak sungkan jika dalam penampilannya akan diembel-embeli produk kopi itu. "Sambil nyanyi saya jualan kopi," seloroh Iwan yang menilai tawaran kerjasama itu sebagai rejeki dari Tuhan.

Di samping itu dengan membudayakan minum kopi, Iwan ingin membantu belasan ribu pekerja yang menggantungkan hidup dari kebun kopi di Indonesia.

Iwan sendiri menyebut tradisi minum kopi menjadi bagian integral dalam ia berkesenian. Beberapa lagu diciptakan Iwan sambil menyeruput kopi. "Dari lagu Oemar Bakrie," ujar Iwan. Namun lucunya, Iwan baru tahu bahwa kopi bisa menjadi obat turun panas. "Itu jadi perbincangan saya dengan istri (Yos atau Rosana) tadi. Ternyata sejak Galang (anak pertama Iwan) istri saya sering kasih kopi sebagai obat turun panas. Saya baru tahu," ujar Iwan.

Tarmizi