Ramadan di Negara Tetangga

By nova.id, Rabu, 25 Juli 2012 | 20:00 WIB
Ramadan di Negara Tetangga (nova.id)

Ramadan di Negara Tetangga (nova.id)

"Masjid Bang Hluang "

Program "Pelesir" tayang setiap Sabtu & Minggu, pukul 06.30 WIB, menampilkan sesuatu yang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya menampilkan tempat wisata religi di berbagai daerah  di Indonesia, tahun ini "Pelesir" mengajak pemirsa melihat tempat wisata dan kehidupan komunitas Muslim di beberapa negara Asia Tenggara.

 Negara yang akan dikunjungi adalah negara-negara dengan penduduk muslim minoritas, seperti Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Laos. Dua  host "Pelesir",  Riska Febiana dan Tasha Said, akan mengajak pemirsa menelusuri tempat-tempat dan kegiatan masyarakat muslim di negara tersebut saat melaksanakan puasa selama Ramadan.

 Tempat yang dikunjungi antara lain Masjid Bang Hluang di Bangkok yang merupakan pemberian Raja Thailand kepada warga Muslim. Tidak ketinggalan pasar tradisional Thung Kru Plaza, yang menjadi merupakan tempat favorit bagi umat muslim. Di sini dapat ditemui berbagai aneka makanan takjil atau makanan kecil untuk berbuka puasa seperti Bua Loy, minuman berbuka ini adalah campuran santan manis dengan talas rebus, ubi rebus, jagung, ditambah dengan telur ceplok.

 Di Singapura, "Pelesir" mengunjungi Kampong Glam, sebuah kawasan yang dikenal sebagai tempat tinggal minoritas muslim di Negeri Singa ini. Di negeri sosialis, Vietnam, suasana kehidupan muslim tak terlihat mencolok. Masjid jarang ditemui di kota Hanoi. Salah satu masjid yang cukup dikenal, adalah Masjid Al Noor. masjid ini menjadi tujuan utama kaum muslim setempat atau pendatang yang berkunjung ke Hanoi.

 Kehidupan warga muslim di Kamboja juga menarik untuk diamati. Tim "Pelesir" mengunjungi Kampong Prekpra, tempat umat muslim mengikuti pengajian dan sholat berjamaah untuk mengisi kegiatan di bulan Ramadan.  Sedangkan di Laos, ada Masjid Jami Vientiane.

 Program magazine lainnya, "Jendela " yang dapat disaksikan setiap Sabtu pukul 06.00 WIB, juga tampil dengan tema khusus selama Ramadan. Jendela menampilkan liputan masjid-masjid megah, menarik, dan unik yang ada di tanah air. Masjid-masjid tersebut, adalah Masjid Agung Natuna, Masjid Islamic Center Samarinda, Masjid Darussalam Samarinda, Masjid Agung Jawa Tengah Semarang, Masjid Kauman Semarang, Masjid Jami' Malang, Masjid Tiban Malang, Masjid Raya Makasar, dan Masjid Al Markaz Al Islami Makasar.

Nizar