Jutawan China Bagi-bagi Duit di New York

By nova.id, Kamis, 26 Juni 2014 | 09:36 WIB
Jutawan China Bagi bagi Duit di New York (nova.id)

Jutawan China Bagi bagi Duit di New York (nova.id)

"Chen membagikan uang 100 dollar pada pengamen di kota New York (foto: NY Post) "

TabloidNova.com - Seorang jutawan asal China yang bernama Chen Guangbiao, menjadi pemberitaan di sejumlah media massa Amerika Serikat beberapa hari silam karena aksinya yang mengejutkan. Chen membagikan uang ke gelandangan di New York. Kata Chen, aksinya itu sebagai wujud nyata kepeduliannya terhadap sesama sekaligus memenuhi janjinya untuk menjadi teladan bagi kaum berkecukupan lainnya untuk selalu berbagi kebahagiaan dengan kaum miskin dan papa.

Chen yang meraup kekayaan dari bisnis daur ulang miliknya memang awal bulan ini sempat mengumumkan dalam sebuah iklan di Wall Street Journal dan The New York Times bahwa dirinya akan mentraktir penduduk New York yang kurang mampu di sebuah sesi makan siang di restoran mewah di Central Park Boathouse, Rabu (25/6) lalu.

Tapi sebelum melancarkan aksinya itu, Chen malah terlebih dahulu berinisiatif untuk melakukan tindakan yang menghebohkan banyak orang. Selasa (24/6), Chen mendatangi rumah penampungan New York City's Rescue Mission di Manhattan dan memberikan uang kertas pecahan USD 100 atau sekitar Rp 1,2 juta kepada orang-ornag yang lalu lalang di depannya. "Bagiku, yang terpenting bukan uang. Aku menyumbang, tapi supaya orang sadar bahwa kita harus memperhatikan kaum miskin. Bagiku ini adalah perjalanan penuh syukur, bukan perjalanan amal," ujar Chen.

Beberapa orang yang lewat sempat bereaksi aneh terhadap Chen, tapi tak sedikit juga dari mereka yang menerima pemberiannya dengan senang hati. Bahkan seorang pengamen khusus membawakan lagu sebelum akhirnya Chen juga memberikan uang USD 100 padanya. Setelah itu Chen memenuhi janjinya mentraktir sekitar 200 orang berkekurangan dengan suguhan menu makanan yang super mewah.

Yetta Angelina