Hore, Spanyol Sambut Raja Baru

By nova.id, Jumat, 20 Juni 2014 | 10:22 WIB
Hore Spanyol Sambut Raja Baru (nova.id)

Hore Spanyol Sambut Raja Baru (nova.id)

"Raja Felipe VI dilantik dengan didampingi istri dan dua anaknya (image:BBC) "

TabloidNova.com -  Kamis (19/6) silam menjadi salah satu hari paling istimewa bagi para rakyat Spanyol. Hari itu, raja baru yang memerintah Spanyol baru saja dilantik. Raja Felipe VI ditunjuk untuk menggantikan sang ayah, Juan Carlos, sebagai raja Spanyol. Pelantikan Felipe tersebut dilaksanakan di istana Zarzuela di dekat kota Madrid. Sebelumnya, upacara pelantikan secara kerajaan sudah dilakukan Rabu tengah malam saat Raja Juan Carlos secara resmi turun dari tahtanya.

Acara pelantikan tersebut memang sengaja digelar dengan sederhana mengingat krisis ekonomi yang kini tengah melanda Spanyol. Bahkan upacara diubah dari prosesi penyerahan mahkota ke ritual mengambil sumpah . Ini adalah proses transisi kerajaan pertama di era demokrasi Spanyol sejak tahun 70-an silam.

Felipe yang kini berusia 46 tahun itu pun bersumpah akan menyanjung tinggi undang-undang dan berjanji akan menghadirkan Spanyol yang baru di masa depan sekaligus menyelipkan pesan persatuan. Seperti yang diketahui, Spanyol memang kerap dilanda isu perpecahan mengingat beberapa wilayah ingin memisahkan diri dari Spanyol. Saat upacara pelantikan Felipe digelar, beebrapa kelompok wilayah yang selama ini menuntut kemerdekaan turut pula hadir tapi tidak menunjukkan antusiasnya. Mereka adalah pemimpin wilayah Catalan dan Basque. Sementara itu, tidak terlihat hadir para pemimpin negara lain dan tamu dari kerajaan lain pula.

Felipe menghadiri acara pelantikannya didampingi istri, ratu Letizia dan dua anak perempuannya, Putri Leonor dan Putri Sofia. Setelah upacara pelantikan, keluarga Raja Felipe berkeliling dengan mobil menyapa rakyat Spanyol dan lantas tampil di atas balkon Istana Kerajaan Spanyol.

Yetta Angelina