Setelah Dua Tahun, Wanita Ini Maafkan Pembunuh Anak Perempuannya

By nova.id, Minggu, 15 Juni 2014 | 11:36 WIB
Setelah Dua Tahun Wanita Ini Maafkan Pembunuh Anak Perempuannya (nova.id)

Setelah Dua Tahun Wanita Ini Maafkan Pembunuh Anak Perempuannya (nova.id)

"Dengan tulus, Ady memaafkan Jordyn, pembunuh anak perempuannya dua tahun silam (image: MIAMI HERALD) "

TabloidNova.com - Tak mudah memang menanggalkan rasa duka dan kehilangan yang diakibatkan oleh kematian seseorang yang terkasih. Apalagi jika kematian itu diakibatkan oleh tindakan ceroboh orang lain. Itulah yang awalnya dirasakan oleh Ady Guzman-DeJesus, wanita paruh baya yang dua tahun lalu harus kehilangan anak perempuannya, Lordes (13).

Almarhumah Lordes meninggal dunia setelah seorang rekan sekelasnya tak sengaja menembakkan senjata api yang dimiliki ayah tirinya ke arah Lordes saat keduanya tengah berada di dalam bis sekolah. Alih-alih menyimpan amarah dan dendam, Ady mengambil langkah berani yang membuatnya mendapatkan simpati dan rasa hormat serta kekaguman dari jutaan orang di dunia ini.

Ady memutuskan untuk tak hanya memaafkan Jordyn Howe, pembunuh Lordes, tapi ia mendorong pihak majelis hakim untuk mengurangi hukuman bagi Jordyn. Usaha Ady berbuah manis karena pihak hakim di pengadilan Florida setuju mengurangi hukuman Jordyn. Menyadari keberuntungan itu, Jordyn mengungkapkan rasa syukurnya.

"Aku sangat menyesal dengan kehilangan yang harus dialami Ady dan aku minta maaf atas perbuatanku," ujar Jordyn (16) sesaat setelah Ady memeluk erat Jordyn.

Atas perbuatannya itu, dan setelah mendengar permohonan Ady, Jordyn dijatuhi hukuman satu tahun masa tahanan di penjara remaja. Setelah itu, Jordyn juga setuju berkeliling ke sekolah-sekolah bersama Ady untuk mengkampanyekan bahaya penggunaan senjata api.

Tak hanya masyarakat yang dibuat terharu dengan aksi Ady tersebut, tapi pihak hakim pun mengaku tak percaya. "Dua puluh tahun terakhir ini, aku sudah menyaksikan banyak tragedi kemanusiaan terjadi di ruangan sidang ini. Tapi aku tidak pernah membayangkan akan pernah melihat ibunda korban bisa merangkul pelaku pembunuh anaknya dengan begitu hangat," ungkap Ellen Sue Venzer, hakim yang menangani kasus tersebut.

Kata Ady, ia percaya bahwa almarhumah putrinya pasti bangga dengan apa yang dilakukannya. "Lagipla, kebenaran dan keadilan sudah terlaksana. Dan aku benar-benar rmemaafkan Jordyn," ujar Ady lagi.

Yetta Angelina