Siap Sedia Saat Puasa

By nova.id, Rabu, 18 Juli 2012 | 05:12 WIB
Siap Sedia Saat Puasa (nova.id)

Siap Sedia Saat Puasa (nova.id)
Siap Sedia Saat Puasa (nova.id)

"Foto: Daniel Supriyono/NOVA "

Daging dan Unggas- Cuci bersih, potong-potong, masukkan ke wadah tertutup dengan jumlah sekali masak.- Simpan di chiller sebelum dimasukkan ke dalam freezer agar udara dingin menyebar rata dan meng­hindari pembusukkan di bagian tengah daging.- Simpan di lemari es agar bisa digunakan 3 - 4 hari atau simpan di freezer jika akan diolah dalam waktu lama.- Pindahkan daging atau ayam dari freezer ke chiller semalam sebelum dimasak agar tetap segar.

Ikan dan Seafood- Bersihkan ikan, keluarkan isi perut dan insang, bumbui perasan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 5 - 10 menit, tiriskan air dan darah kotornya, lalu bilas di bawah air mengalir. Khusus untuk udang, buang kepalanya.- Bungkus di dalam kantong plastik lalu simpan dalam freezer.

Buah-Buahan- Cuci buah-buahan di bawah air mengalir, kemudian tiriskan dan keringkan.- Simpan buah di wadah plastik yang memiliki ventilasi atau taruh di kulkas ba­gian bawah su­paya tahan 3 - 4 hari.

Bumbu Siap Pakai- Bumbu halus dan siap pakai bisa dikemas di wadah kedap udara dan disimpan dalam freezer.- Bumbu bisa ditumis dengan sedikit minyak hingga matang lalu didinginkan dan dimasukkan ke dalam wadah kedap udara atau botol kaca agar aromanya terjaga.- Bumbu sebaiknya dikemas sekali pakai sebab mengambil bumbu berulang kali dari wadah besar akan merusak kualitas bumbu.

Santan dan Kaldu- Agar lebih tahan lama, masak santan dengan menambahkan sedikit garam sambil terus diaduk sampai mendidih. Setelah benar-benar dingin, kemas di kantong plastik sebanyak 500 ml.- Simpan santan yang sudah dikemas di freezer agar tahan selama sebulan.

Sayur-sayuranCuci bersih, bungkus dengan tisu dapur, masukkan ke dalam kantong plastik lalu simpan di dalam lemari es.

Frozen food- Simpan dalam suhu 18 - 20 derajat Celcius dan perhatikan tanggal kedaluwarsa.- Produk frozen food yang telah dibuka sebaiknya langsung dimasak.

Telur- Telur yang dibeli di pasar swalayan bisa disimpan di kulkas berikut wadahnya. Tapi, telur harus dicuci bersih, dikeringkan, dan disimpan di rak telur di kulkas agar awet hingga empat minggu jika dibeli di pasar tradisional.

SusuJauhkan susu dari bahan makanan yang beraroma kuat karena susu mudah menyerap aroma.

Jus BuahSimpan jus buah yang tertutup rapat di rak pintu kulkas agar kesegarannya terjaga dan awet hingga empat hari.

Dahrani Putri, Foto: Daniel Supriyono/NOVA