Seminar Penyakit Pernapasan Anak

By nova.id, Rabu, 7 Maret 2012 | 17:09 WIB
Seminar Penyakit Pernapasan Anak (nova.id)

Lingkungan sekolah yang sehat adalah suatu kondisi lingkungan sekolah yang dapat mendukung tumbuh-kembang anak didik secara optimal, membentuk perilaku hidup sehat mereka, serta menghindarkan anak didik dari pengaruh negatif. Di sisi lain, sekolah merupakan hunian padat penduduk sekaligus terminal pertemuan banyak orang, sehingga menjadi salah satu pusat gangguan kesehatan.

Berkaitan dengan itu, RS Premier Bintaro, Sabtu (18/2) lalu, menggelar seminar awam berjudul "Penyakit Pernafasan pada Anak Didik" dengan pembicara tunggal Dr. dr. Muljono Wirjodiardjo, Sp.A (K), Ph.D. Seminar yang dihadiri puluhan guru SD dan SMP dari berbagai wilayah ini merupakan salah satu cara RS Premier Bintaro dalam mendukung pelaksanaan UKS di sekolah-sekolah. Diharapkan, dengan adanya sharing ilmu ini, para guru bisa menerapkannya di UKS masing-masing.

Salah satu masalah kesehatan yang masih kerap menyerang anak adalah penyakit pernapasan. "Ini karena organ pernapasan merupakan organ yang sangat rentan terhadap penyakit. Penyakit saluran pernapasan juga masih merupakan penyakit yang lebih banyak memakan korban dibanding penyakit pada saluran lain," kata Muljono, Konsultan Respirologi RS Premier Bintaro.

Penyakit-penyakit yang menyerang saluran pernapasan antara lain ISPA Atas dan ISPA Bawah, TBC, flu burung, difteri, pneumonia, dan asma. "Dibutuhkan kerjasama antara guru dan dokter untuk bersama-sama memecahkan masalah kesehatan anak-anak di sekolah," lanjut Muljono.

Hasto