Indonesia Creative Week Hadirkan Tren Spring/Summer 2014

By nova.id, Kamis, 5 Juni 2014 | 02:37 WIB
Indonesia Creative Week Hadirkan Tren Spring Summer 2014 (nova.id)

TabloidNova.com - Tahun ini event Indonesia Creative Week (ICW) merupakan yang ke-4 kalinya diselenggarakan. Kali ini ICW mengusung tema besar "Svarna Khatulistiwa", dan mengambil tempat di Skenoo Hall Gandaria City, Jakarta Selatan, pada 4-7 Juni.

ICW merupakan event yang digelar untuk mendukung sejumlah brand lokal dan para desainer muda Indonesia dalam acara berkonsep one-stop-spot. Konsep ini menggabungkan dunia fashion dan industri kreatif, dengan mengedepankan orisinalitas dan kreativitas.ICW tak hanya mempersembahkan fashion show dari jajaran desainer ternama dan desainer muda berbakat saja, tetapi juga fashion exhibition, talk show, music performance, pameran foto, dan rangkaian kegiatan kreatif lainnya.

Yang membedakan ICW dengan acara sejenisnya yakni digelar sebanyak dua kali dalam setahun, dengan mengikuti siklus tren fashion global: Spring/Summer dan Fall/Winter. Tujuannya agar ICW bisa menjadi salah satu acuan tren mode sekaligus menumbuhkan rasa bangga terhadap produk fashion dalam negeri yang merupakan hasil kreativitas bangsa Indonesia.

Menurut ketua penyelenggara ICW, Joe, ICW Spring/Summer 2014 ini mengambil tema "Svarna Khatulistiwa" untuk menjadikan acara ini sebagai benang merah utama perwujudan keberagaman, keindahan, kekayaan budaya Indonesia, termasuk industri fashion dalam negeri, yang ingin disampaikan ke khalayak luas.

"Dengan semangat keberagaman, keindahan, dan kekayaan budaya Indonesia, ICW hadir sebagai sarana untuk memupuk rasa bangga terhadap negeri Indonesia tercinta kita ini," ujar Joe, dalam jumpa pers pembukaan acara ICW Spring/Summer 2014. Joe didampingi salah satu desainer senior pengisi acara, Poppy Dharsono.

Penyelenggaraan ICW ini, ujar Joe, diharapkan dapat menjadi salah satu platform untuk mendukung generasi fashion kreatif Indonesia, yang kini telah menjadi bagian dari unsur ekonomi kreatif. Yang diharapkan pula dapat mendukung kemajuan bangsa dari segi ekonomi, budaya, dan pariwisata.

"ICW didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Wonderful Indonesia, sehingga diharapkan bisa menjadi sarana alternatif untuk mempromosikan wisata Indonesia melalui industri fashion," kata Joe.

Joe menambahkan, dalam penyelenggaraan ICW kali ini terdapat 109 peserta (tenant) yang terlibat, yang menawarkan aneka produk fashion, aksesori, sepatu, tas, makanan, serta minuman unik. Event ini bekerja sama dengan sejumlah komunitas yang berkecimpung di dunia kreatif, seperti ICW Photo Community, Hijabers Community, dan UI Fashion Week.

Intan Y. Septiani