'Soegija' Mulai Diproduksi

By nova.id, Kamis, 3 November 2011 | 19:25 WIB
Soegija Mulai Diproduksi (nova.id)

Soegija Mulai Diproduksi (nova.id)

"Foto: Ical "

Salah satu bentuk diplomasi Soegija bagi kemerdekaan negeri ini adalah negosiasinya dengan pihak Jepang dan sekutu saat perang 5 hari di Semarang.

"Soegija" adalah film perdana Studio Audio Visual Puskat-Yogyakarta.Sineas kondang Garin Nugroho duduk sebagai sutradara di balik film ini.Baru-baru ini Garin pun baru menyelesaikan film "Mata Tertutup" yang berlatar belakang agama Islam."Soegija" sendiri berlatar Katolik.Namun kedua film tadi tak melulu bicara tentang agama,tapi lebih ke situasi bangsa ini,agar bangsa ini lebih mencintai keberagaman.

Selain Garin,crew lain di belakang "Soegija" adalah Landung Simatupang (acting coach),Whani Darmawan (casting director),Djaduk Ferianto (tim kreatif),dan Rm.Budi Subanar SJ (peneliti dan penulis buku Soegija).

Penyair Nirwan Dewanto didapuk sebagai pemeran Soegija.Nirwan dipilih lantaran memiliki kemiripan wajah dan postur dengan tokoh besar Soegija.Ini kali pertama Nirwan bermain film. Pemain lain adalah Butet Kertarajasa dan Olga Lidya.

Film ini berdana Rp 12 miliar yang diperoleh dari donasi umat Katolik di Indonesia dan simpatisan Soegija. Selain syuting di Semarang,"Soegija"  banyak mengambil gambar di Yogyakarta. Tarmizi