4 Langkah Memasak Sehat

By nova.id, Rabu, 9 Mei 2012 | 22:36 WIB
4 Langkah Memasak Sehat (nova.id)

Anda sudah siap sedia memasak masakan sehat untuk keluarga dengan "amunisi" berupa sayuran organik. Tapi, tahukah Anda? Memasak sehat bukan hanya sekadar menggunakan bahan organik. Masih ada beberapa tahap penting untuk menyajikan makanan sehat yang sempurna untuk  keluarga.

Suasana Menyenangkan

Buatlah dapur yang menghadirkan suasana menyenangkan dan nyaman. Sehingga Anda pun bahagia dan nyaman ketika menyiapkan masakan.

Bahan Makanan Sehat

Isi dapur dengan aneka bahan makanan yang sehat, seperti sayuran dan buah-buahan organik, segar, dan tidak mengandung bahan petisida. Jangan khawatir, bahan berkualitas seperti ini sudah banyak tersedia di pasar swalayan. Jika menggunakan bahan olahan lain susu, bumbu, dan makanan tambahan lain, perhatikan tanggal produksi dan tanggal kedaluwarsa, pilih kemasan yang masih terbungkus rapi dan rapat, dan komposisi bahan yang digunakan.

Membersihkan Bahan Makanan

-    Bersihkan bahan makanan tersebut dengan benar. Caranya, cuci hingga bersih sayuran dan buah-buahan di bawah air mengalir. Kemudian tiriskan dengan dialasi dengan tisu dapur agar air cepat terserap dan tidak meninggalkan sisa kotoran.

-    Untuk ikan, ayam, dan daging, perlu penanganan khusus karena bahan-bahan ini sangat mudah terkontaminasi oleh bakteri. Jadi, perhatikan kesegarannya. Bersihkan segera, kemudian tiriskan. Jika tidak segera diolah, simpan dalam wadah kedap udara dan simpan di dalam freezer.

Mengolah Dengan Benar

-    Jangan terlalu lama memasak sayuran segar, karena nutrisi yang terkandung akan larut. Untuk menumis sayuran cukup selama satu menit dengan api yang besar, dengan begitu nutrisi sayuran tidak akan hilang dan sayuran pun masih renyah.

-    Untuk aneka seafood sebaiknya diolah tidak lebih dari sepuluh menit, karena semakin lama seafood akan semakin keras, dan rasanya tidak gurih lagi.

-    Untuk aneka unggas dan daging, dapat diproses sesuai kebutuhan, hanya saja jangan lupa memghilangkan kandungan lemak yang menempel.

Dahrani Putri