Ini Dia Tempat Liburan Seru di Kalimantan Selatan

By nova.id, Senin, 29 Juni 2015 | 09:20 WIB
Sunset di Pantai Samber Gelap, Kotabaru, Kalimantan Selatan (nova.id)

“Kotabaru gunungnya bamega, Bamega ombak manabur disala karang, Ombak manabur disala karang… “

Ya, sepenggal lirik lagu Paris Barantai ini menggambarkan suasana indahnya kota kabupaten di Pulau Laut, Kalimantan Selatan ini. Tak hanya kaya dengan keindahan alam dan hasil bumi seperti batubara saja, ternyata banyak kuliner enak serta buah tangan yang bisa dibawa pulang. Yuk, jalan-jalan ke Kotabaru! Apa saja objek wisata di Kotabaru Kalimantan Selatan? Simak artikel ini.

Bumi Sa-ijaan menjadi sebutan bagi masyarakat kabupaten Kotabaru yang bertempat tinggal di wilayah paling ujung selatan dalam propinsi Kalimantan Selatan. Dengan bersimbolkan ikan todak sebagai lambang kota, maka secara filosofis Sa-ijaan memiliki doa agar kota dan warganya memiliki satu hati.

Baca: Imazahra Fatimah Beberkan Tips Berwisata ala Backpacker

Tak heran kota yang dikelilingi oleh gunung dan laut ini memang lebih tenang. Di balik keindahan alamnya ternyata kota ini juga memiliki surga kuliner dan buah tangan yang khas.

Untuk bisa sampai ke kota Pulau Laut ini, ada beberapa cara yang bisa digunakan, mulai dari perjalanan darat dan udara. Ya, kota ini berada di ujung selatan pulau Kalimantan Selatan jadi cukup jauh dari ibukota Kalimantan Selatan, Banjarmasin.

Apabila ingin menghemat biaya dan merasakan nikmatnya petualangan maka bisa menggunakan bus dengan waktu perjalanan sekitar 8 hingga 10 jam.

Tak perlu khawatir, bagi yang ingin mempersingkat perjalanan dapat memilih untuk melakukan perjalanan udara dan menggunakan jasa pesawat perintis yang kini marak ditawarkan. Perjalanan dari bandara Syamsudin Noor (BJB) ke bandara Gusti Syamsir Alam (KBU) dapat ditempuh dengan waktu 40 menit saja. Daripada penasaran, mari jelajahi kota yang penuh pesona ini. Pantainya pun memiliki sunset terbaik, lo!