Wow, Ada 2 Kg Batu Ginjal Di Perut Tukang Ojek!

By nova.id, Rabu, 2 April 2014 | 10:29 WIB
Wow Ada 2 Kg Batu Ginjal Di Perut Tukang Ojek (nova.id)

TabloidNova.com - Odih (49) kaget begitu dokter bedah RS PMI Bogor memberitahukan bahwa di perutnya "bersarang" batu seberat hampir 2 kilogram. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai tukang ojek tersebut tak menyangka selama ini ada batu sebesar itu di perutnya.

"Saya tidak menyangka, selama ini tidak pernah merasa apa-apa. Sakitnya mulai terasa pas 10 hari lalu," ungkap Odih, yang masih tergeletak di ruang perawatan Dahlia kamar 301N RS PMI Bogor, Rabu (2/4) pagi.

Ya, Selasa lalu (1/4) warga Kampung Kabandungan RT 1/03, Desa Sirnagalih, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor tersebut usai menjalani operasi ginjal. Awalnya, Odih hanya mengeluh sakit saat buang air kecil sehingga berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penyembuhan.

Tak disangka, sakit yang mengiringi proses BAK sekitar 10 hari lalu tersebut merupakan salah satu gejala gangguan ginjal akibat adanya sebentuk batu di dalam ginjal Odih.

Selama mengeluh nyeri saat BAK, Odih masih sempat beraktivitas seperti biasa. Tidak ada keluhan berarti khususnya di bagian perut. Namun setelah diperiksa intensif oleh tim dokter RS PMI Bogor, ditemukan sebentuk batu yang cukup besar di dalam ginjal sehingga perlu segera dioperasi. Benar saja, Odih pun "melahirkan" batu seberat 2 kilogram dari perutnya.

Beruntung, proses operasi berjalan lancar dan kini Odih  tinggal menunggu proses pemulihan pasca operasi.  "Sudah mulai sehat, pengen cepet pulang mau ngojek lagi," ungkap peserta BPJS kesehatan itu seraya tersenyum lemah.

Laili Damayanti/Tribunnews