Mengenal Aneka Jenis Teh (2)

By nova.id, Minggu, 23 Maret 2014 | 08:09 WIB
Mengenal Aneka Jenis Teh 2 (nova.id)

Lebih Jauh Tentang Teh Herbal

 Teh herbal yang umumnya diolah dari ramuan bunga, daun, biji, akar, atau buah kering semakin mudah ditemukan dalam berbagai bentuk kemasan. Sebelum mencobanya, yuk, kenali dahulu khasiatnya!

Kulit Manggis

Dikenal sebagai si ratu buah, seluruh bagian buah manggis memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kulit manggis juga berkhasiat melebihi daging buahnya karena mengandung antioksidan tertinggi. Seperti senyawa xanthone yang dapat membunuh penyakit dan memperbaiki sel yang rusak serta melindungi sel-sel di dalam tubuh. Meski terasa pahit, kulit manggis memiliki beragam manfaat seperti:1. Meningkatkan kekebalan tubuh.2. Menurunkan hipertensi dan kolesterol.3. Melawan radikal bebas.4. Mengobati penyakit disentri, diare, dan sariawan.5. Membantu dalam pengobatan kanker.

Daun Sirsak

Tak hanya buahnya yang memiliki khasiat. Biji, bunga, akar dan daun sirsak dikenal dalam pengobatan penyakit berat berkat kandungan Annonaceous Acetogenins yakni senyawa anti tumor dan kanker. Adapun zat aktif lainnya juga berperan sebagai obat dan berguna bagi kekebalan tubuh seperti:1. Mampu melumpuhkan zat zat yang dapat memicu kanker dengan aman dan efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo.2. Membersihkan tubuh dari racun dan parasit berbahaya.3. Menyembuhkan berbagai macam tumor, dan kista.4. Melindungi sistem kekebalan tubuh dan mencegah dari infeksi yang mematikan.5. Mengobati penyakit gondok.6. Menjaga kebugaran tubuh.

Jati Cina

Disebut Senna dalam Bahasa Arab, tanaman asli di daerah tropis ini dipergunakan sebagai obat pencahar. Dalam perkembangannya, teh dari pohon jati Cina ini juga digunakan untuk pembersih colon (usus besar). Kandungan senyawa aktif dalam daun jati Cina seperti tanin membantu menyerap lemak atau karbohidrat dari makanan yang dikonsumsi. Itu sebabnya teh ini popular untuk menurunkan berat badan. Namun ada juga manfaat lainnya, seperti:1. Menetralisir dan meluruhkan racun di dalam tubuh.2. Membersihkan darah kotor.3. Mengurangi kolesterol.4. Mengurai timbunan kolesterol jahat dan lemak, sehingga melancarkan metabolisme dan sekresi.5. Melangsingkan tubuh (kecuali bagi penderita gangguan ginjal dan wanita hamil).6. Alternatif diet tinggi serat.

Rosella

Tanaman dari sejenis kembang sepatu ini dikenal sebagai bahan utama teh herbal. Bagian bunga dan biji Rosella bermanfaat baik untuk kesehatan, memiliki sumber vitamin yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin C, vitamin A, protein esensial, kalsium, dan 18 jenis asam amino, termasuk arginina dan lignin yang memiliki peran aktif dalam proses peremajaan sel tubuh. Khasiatnya:1. Menurunkan kadar asam urat, hipertensi.2. Mengendalikan kadar gula bagi penderita diabetes dan kolesterol.3. Memperbaiki sistem metabolisme tubuh.4. Menghambat pertumbuhan sel kanker.5. Melangsingkan dan menambah stamina tubuh.6. Mencegah dan mengobati panas dalam, sariawan, batuk, dan flu.7. Berfungsi sebagai antioksidan dan antidepresi.

TIPS:1. Selalu seduh teh dengan air matang di wadah berbahan keramik yang higienis.2. Ampas teh juga dapat digunakan untuk mengurangi bengkak di mata. Dinginkan di dalam kulkas sebelum digunakan pada area mata.3. Celupan atau seduhan pertama adalah yang terbaik. Sebab jika mencelup berkali-kali rasa dan manfaat teh akan hilang.4. Untuk menjaga kesegaran daun teh, simpanlah teh dalam wadah yang kedap udara. Hindari dari panas, lembab, dan aroma lain.

Ade Ryani HMK