Penemuan 2 Bayi Lemas di Panti Samuel Jadi Bukti Penelantaran

By nova.id, Senin, 24 Februari 2014 | 07:50 WIB
Penemuan 2 Bayi Lemas di Panti Samuel Jadi Bukti Penelantaran (nova.id)

Penemuan 2 Bayi Lemas di Panti Samuel Jadi Bukti Penelantaran (nova.id)

"Foto: Laili "

Menurut Arist Merdeka Sirait, dari Komnas Perlindungan Anak, penemuan 2 bayi di Panti Asuhan Samuel di Gading Serpong, Tangerang yang nampak lemas karena demam sudah merupakan bukti-bukti adanya penelantaran anak. Namun Arist tak mau gegabah menuduh atau menghakimi pemilik panti, Chemy Watulingas SH MH.

"Itu akan dibuktikan nanti oleh dokter," ujarnya kepada tabloidnova.com, Senin (24/2).

Selain soal penelantaran, kedatangan Komnas PA pada Senin (24/2) ini juga akan  melihat kondisi fasilitas anak-anak panti secara keseluruhan.

Setelah meyakinkan akan mengevakuasi anak-anak, Komnas PA berencana akan bekerjasama dengan rumah sakit Pasar Rebo untuk mengevaluasi status gizi dan kesehatan anak-anak panti yang dievakuasi.

"Kita kan bisa ajukan ke dokter-dokter rujukan. Rumah Sakit Pasar Rebo kan dekat dengan kantor Komnas Perlindungan Anak," tandasnya.

Soal standar kelayakan panti asuhan, Komnas PA akan komparasi dengan panti lain apakah sudah benar-benar layak.

Sedangkan soal anak-anak panti yang pernah dirawat di rumah sakit menurut pemilik, Komnas PA akan melakukan pengecekan dan termasuk pula benar tidaknya anak yang meninggal beberapa waktu lalu yang memancing keresahan warga mengenai aktivitas panti asuhan.Laili