Akhirnya Komnas PA Evakuasi Anak Panti Samuel

By nova.id, Senin, 24 Februari 2014 | 06:39 WIB
Akhirnya Komnas PA Evakuasi Anak Panti Samuel (nova.id)

Akhirnya Komnas PA Evakuasi Anak Panti Samuel (nova.id)

"Foto: Laili "

Sekitar pukul 11.00 WIB, rombongan Komnas PA yang diwakili oleh Arist Merdeka Sirait mendatangi Panti Asuhan Samuel yang ramai diperbincangkan, menyusul isu-isu penganiayaan dan kematian anak panti beberapa hari lalu.

Panti Asuhan yang terletak di Cluster Michelia, Summarecon Gading Serpong, Kota Tangerang langsung ramai dikerubuti awak media.

Saat Arist datang, pemilik panti yakni Bapak Chemy Watulingas SH MH beserta istri turut menyambut. Demikian pula Kapolsek Kelapa Dua, Polrestro Tangerang, Kompol R Sulistiyono dan beberapa anggotanya.

Setelah melihat kondisi bangunan 3 lantai yang rencananya akan ditempati anak-anak asuh Panti Asuhan Samuel, Arist memutuskan mengambil alih sementara anak-anak atau mengevakuasi anak panti tersebut.

"Kondisi seperti ini tidak layak untuk anak. Panti seperti ini sangat tidak layak," ujar Arist beralasan.

Masih menurut Arist, di dalam bangunan 3 lantai milik Chemy tersebut belum sesuai standar karena hanya terdapat tempat tidur dan kurang makanan maupun vitamin."Tidak sesuai makanya tidak layak," tandasnya.

Soal dua bayi yang diketemukan tengah menderita demam, Arist menyatakan akan membawa anak tersebut ke RS BethSaida Serpong yang berada di dekat kawasan panti.

Selain 2 bayi, para balita yang nampak terluka di kepala juga akan dikonfirmasi ke dokter. "Ya. Kita akan konfirmasi RS soal luka-luka pada anak. Bisa saja jatuh, kena pukulan atau  yang lain," tudingnya.

Melihat kondisi anak-anak panti, Komnas PA sangat prihatin.

Sementara ini, Komnas PA akan memindahkan anak-anak asuh panti Samuel ke  tempat yang nyaman dan berkualitas standar panti asuhan. "Kita akan kerjasama dengan Kementrian Sosial apakah nantinya (anak-anak) akan diambil alih ," ujarnya lagi.

Sampai kapan anak-anak ini akan dievakuasi, menurut Arist  belum dapat dipastikan sampai kapan. "Yang penting kita selamatkan. Dan, masalah proses hukumnya nanti juga akan mengikuti.  Kan, Pak Chemy sudah bilang, akan bertanggung jawab," tandas Arist.

Nantinya, Komnas PA akan mengecek izin panti asuhan. "Kita juga akan dicek (izin).Dan yang meninggal dunia juga akan dicek kenapa dan kena apa. Dan apakah mereka dikebumikan dengan baik, Semua akan di cek," tandasnya sembari berlalu.

Tanpa tawar menawar lagi, petugas polwan Polsek Kelapa Dua dan Komnas PA langsung membawa dua bayi yang sakit panas ke rumah sakit.Laili