Penyebaran HIV Lebih Meluas pada Warga Kulit Hitam

By nova.id, Sabtu, 8 Februari 2014 | 01:25 WIB
Penyebaran HIV Lebih Meluas pada Warga Kulit Hitam (nova.id)

Penyebaran HIV Lebih Meluas pada Warga Kulit Hitam (nova.id)

""

HealthDay News melaporkan hanya satu dari tiga orang Amerika berkulit hitam yang terjangkit virus HIV  yang berada di bawah kontrol Dinas Kesehatan AS. Hal ini sesuai data U.S. Centers for Disease Control and Prevention yang menyebutkan banyak pasien warga kulit hitam pengidap HIV tidak mendapatkan perawatan dan pengobatan yang layak agar bisa bertahan hidup dan menjaga agar virus ini tidak menular ke orang lain.

"Padahal semua orang tahu, pengobatan dapat membantu orang dengan HIV hidup panjang dan sehat serta mencegah penularan virus kepada orang lain," kata Donna Hubbard McCree, director of Health Equity CDC divisi Pencegahan HIV / AIDS.

Masalah HIV di kalangan orang kulit hitam di Amerika ini sudah sangat kompleks. Bahkan lanjut, McCree, menurut statistik CDC, satu dari setiap 16 pria kulit hitam akan menjadi terinfeksi HIV. Sebenarnya 75 persen orang kulit hitam pengidap HIV sudha mendapat perawatan. Tapi hanya 48 persen yang melanjutkan perawatan itu. Dari data itu hanya 35 persen yang pengobatan HIV benar-benar berhasil dalam arti pengobatan tersebut benar-benar menekan virus tersebut dan membuat pasien sehat serta tidak menularkan ke orang lain.

Itu sebabnya McCree mengatakan bahwa masalah HIV di kalahgan orang kulit hitam masih jauh dari selesai.

Ada beberapa faktor yang membuat masalah ini tak lagi terpecahkan. Banyak warga kulit hitam yang tak punya asuransi kesehatan sehingga tak ada akses untuk perawatan kesehatan atau ke dokter. "Anda mungkin juga tidak akan mendapatkan perawatan Jika Anda belum bisa memenuhi kebutuhan dasar dalam hidup," tandas  McCree.

Akhirnya semua balik ke masalah kesejahteraan!

Krisna