Akhirnya Aroma Durian Sampai ke Eropa

By nova.id, Kamis, 6 Februari 2014 | 09:01 WIB
Akhirnya Aroma Durian Sampai ke Eropa (nova.id)

Di Indonesia, Anda bisa menemukan buah durian di berbagai kota. Hal itu dikarenakan, sebagian besar masyarakat kita memang senang menikmati buah berbau khas ini. Tapi di negara-negara Eropa, jangan harap Anda bisa menemukannya. Jangankan menikmati dagingnya, mencium baunya saja mereka tidak suka!

Akhirnya Aroma Durian Sampai ke Eropa (nova.id)

""

Kata mereka, "raja buah" di seluruh Asia Tenggara ini baunya seperti daging busuk , limbah industri, atau tikus mati. Ha ha ha... Mungkin itu juga yang menyebabkan buah ini sulit diimpor ke negar-negara Eropa.

The Independent melaporkan, saat ini sudah ada merek buah durian yang berhasil diimpor ke Inggris. Namanya, Malaysian Musang King Durian. Jenis durian yang dikirim Singapura ini, katanya, lebih wangi daripada varietas Thailand.

Selain Inggris, Anda bisa juga menemui durian di pasar-pasar Asia di AS. Di sana jenis durian Thailand yang lebih banyak dijual.

Nama buah berduri ini berasal dari bahasa Melayu yang berarti duri. Berbanding terbalik, ya, dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis. Mengapa baunya bisa sangat menyengat? Sebenarnya itu berasal dari kandungan sulfat yang tinggi pada buah.

Durian merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan diyakini sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan tekanan darah. Tapi, karena rasanya yang sangat manis menyebabkan buah ini tinggi gula dan lemak.

Ester