Simulasi Demo, Bunderan HI Ditutup

By nova.id, Kamis, 6 Februari 2014 | 07:09 WIB
Simulasi Demo Bunderan HI Ditutup (nova.id)

Simulasi Demo Bunderan HI Ditutup (nova.id)

"Foto: Dok. Tribunnews "

Polda Metro Jaya punya tugas berat di tahun 12014 ini. Salah satunya adalah pengamanan pemilu 2014 di wilayah Jakarta. Itulah pihaknya merasa perlu menggelar  sebuah simulasi pengamanan.Diungkapkan Direktur Ditlantas Polda Metro Jaya, Kombes R Nurhadi. Jumat (7/2) ?pagi akan dilakukan simulasi pengamanan Pemilu 2014 di kantor Bawaslu Jalan MH Thamrin.

Rencananya, simulasi ini akan berdampak pada penutupan sebagian jalan utama ibukota tersebut mulai Bundaran HI sampai depan Bawaslu dan dilakukan pengalihan hingga pukul 11 siang.

"Pengamanan Pemilu itu bukan penutupan jalan namun akan dilakukan rekayasa lalu lintas," ungkap Nurhadi.

Jajaran kepolisian dan instansi terkait akan melakukan gladi bersih di lapangan kantor Bawaslu dan akan dijalankan skenario cerita bagaimana pengamanan jika ada pengunjuk rasa yang protes terhadap hasil Pemilu.

"Ketika massa ini belum datang, arus lalu lintas lancar. Dan saat massa datang masih dijaga. Jika massa mulai menerikkan  yel-yel, arus lalu lintas masih bisa dialirkan dua lajur. Kemudian, jika sudah mulai agak memanas, arus lalu lintas  sudah mulai dikurangi," papar Nurhadi menjelaskan sedikit soal skenario yang berlangsung esok.

Contra-flow yang dilakukan adalah mengalihkan arus di depan Bawaslu ke jalur di sebelahnya yakni di depan hotel Pullman mengarah ke jalan Merdeka.  Arus contra-flow lurus terus sampai  di depan kantor bawaslu, sehingga lalu lintas tetap berjalan.

"Soalnya, kan, di sana aksi anarkis dapat terstimulasi di depan Bawaslu sehingga harus clear. Jangan sampai ada mobil atau motor yang lewat di situ karena nanti kan ada mobil water canon seperti penanganan demo lainnya," tandas Nurhadi.

Laili