Produksi Berton-ton Madu & Ekspor Bumbu Pecel ke Arab Saudi

By nova.id, Kamis, 16 Januari 2014 | 03:23 WIB
Produksi Berton ton Madu Ekspor Bumbu Pecel ke Arab Saudi (nova.id)

Produksi Berton ton Madu Ekspor Bumbu Pecel ke Arab Saudi (nova.id)
Produksi Berton ton Madu Ekspor Bumbu Pecel ke Arab Saudi (nova.id)

"Bumbu pecel buatan Mbah Suyati sudah dipesan seseorang warga negara Indonesia yang tinggal di Arab Saudi sebanyak 2 ton bumbu pecel. (Foto: Gandhi / NOVA) "

Menurut Suyati, tak ada resep khusus hingga bumbu buatannya diminati banyak orang, kecuali menjaga kualitas, baik bahan maupun kebersihan. "Silakan datang kemari, tak ada istilah rahasia dalam proses pembuatannya. Kalau memang berminat dan ingin belajar membuat, silakan. Nanti akan saya ajari secara gratis. Ilmu yang saya miliki ini datangnya dari Allah kok, masak saya sembunyikan?" tegasnya.

Bumbu pecel yang ia jual juga sama sekali tanpa menggunakan bahan pengawet. Gula merah yang menjadi salah satu bahan bumbu secara alamiah berfungsi sebagai penganti bahan pengawet.

Saat ini, bumbu pecel produksinya ada tiga varian: pedas, sedang, dan tanpa cabai, yang dikemas 200 gram dijual seharga Rp700, 1/2 kilogram seharga Rp 17 ribu, serta 1 kg seharga Rp33 ribu. "Bumbu saya ini sudah sampai ke beberapa kota lain di Indonesia," pungkasnya yang mengaku tak buka cabang di kota lain.

 Gandhi Wasono M.