Rekomendasi Polisi Soal Lalu Lintas di Bandara Halim

By nova.id, Jumat, 10 Januari 2014 | 08:55 WIB
Rekomendasi Polisi Soal Lalu Lintas di Bandara Halim (nova.id)

Rekomendasi Polisi Soal Lalu Lintas di Bandara Halim (nova.id)

"Foto: Dok. Tribunnews "

Pemindahan beberapa penerbangan komersial ke bandara Halim PK, mau tak mau menjadi urusan kepolisian pula.

Dikonfirmasi soal peran kepolisian dalam pemindahan tersebut, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto, mengungkapkan jika Polda Metro Jaya sendiri sebenranya sudah melakukan rapat dengan berbagai instansi terkait pengelolaan keamanan dan ketertiban Bandara Halim Perdana Kusuma.

"Dalam kaitan penggunaan Bandara Halim menjadi bandara koresial, ada beberapa maskapai yang pindah ke Bandara dalam kaitan cukup beratnya daya tampung Bandara Soetta selama ini. Kita sudah rapaat ke berbagai instansi, empat instansi diantaranya Dinas Perhubungan, Pemda DKI, Danlanud dan Angkasa Pura untuk bersama membahas tentang hal-hal yang perlu dipersiapakan," ujarnya panjang lebar kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jumat (10/1).

Hasil dari pertemuan tersebut, Polda Metro Jaya khususnya Direktorat Lalu Lintas, menyampaikan beberapa rekomendasi, diantaranya :

- Amdal (analisa dampak lingkungan) lalu lintas segera disiapkan,

- Melihat karakter lingkungan sekitar bandara Halim PK, khususnya jalan yang menuju bandara dan lalu lintasnya perlu dibenahi. Misalnya, putaran kendaraan yang ada di sana perlu diperlebar agar orang jangan sampai memutar balik atau memutar sehingga maju-mundur yang dapat mengganggu kelancaran lalu lintas.

- Memindahkan pintu gerbang masuk bandaralebih ke dalam dan ditambah lajur menjadi empat mobil. Supaya jika ada antrian tidak terjadi macet karena ekor dari kemacetan.

- Akses masuk dari arah tol Cikampek-Bandara Halim PK, perlu ditambah atau diperlebar, mengingat setiap hari saja jalan tersebut sudah penuh oleh kemacetan.

Diupayakan agar tak terjadi kemacetan yang dapat menghambat rencana terbang konsumen yang akan terbang dari bandara Halim PK.

"Selain itu, perlu dipikirkan di sana ada beberapa pool taksi yang cukup banyak. Juga ada beberapa gedung yang kerap digunakan berbagai aktivitas termasuk pernikahan, seperti,  gedung Griya Ardhya Garini, dan BKKBN, juga komplek AU, dimana ada ribuan kepala keluarga yang menggunakan akses jalan," ujar Rikwanto.

Atas beberapa pertimbangan, Ditlantas Polda Metro Jaya berupaya menjadi penengah agar lalu lintas menuju Bandara Halim PK menjadi kondusif di saat bandara tersebut aktif melayani penerbangan komersial.Laili