350 Orang Keracunan Makanan Beku

By nova.id, Rabu, 8 Januari 2014 | 05:59 WIB
350 Orang Keracunan Makanan Beku (nova.id)

350 Orang Keracunan Makanan Beku (nova.id)

""

Dalam laporannya HK Jepang Selasa kemarin (7/1) menyebutkan  lebihdari 350 orang di Jepang sakit setelah mengonsumsi produk makanan bekuyang diperkirakan tercemar pestisida.

Akibat insiden tersebut, produsen makanan Maruga Nichiro Holding langsung menarik 6,4 juta produknyaterdiri dari berbagai jenis makanan beku.

Beberapa produk yang ditarik adalah pizza, kroket, dan pancake yang diproduksi salah satu pabrik MarugaNichiro di Gunma Prefecture.

Penarikanini menyusul ribuan telepon masuk ke costumer care perusahaan makanan bekutersebut melaporkan masalah setelah mengonsumsi produk mereka. Apalagi ketikadianalisa, produk memang benar mengandung pestisida tinggi.

Tak hanya menarik produknya, Maruga Nichiro juga memasang iklansatu halaman penuh  di surat kabar JepangRabu (1/1/2014) ini untuk meminta maaf dan memperingatkan konsumen untuk tidakmengonsumsi produk mereka yang tercemar.

Dalam iklan display dicantumkan 51 fotoberwarna produk-produk bermasalah dengan kalimat produk inimemiliki bau tajam dan bila dimakan dapat menyebabkan sakit perut bahkan mualmuntah.

Dikatakan NHK, pemerintah sudah mengklaim sekitar 356 orangmengalami mual muntah, diare dan masalah lain setelah mengonsumsi produk yangdiklaim beracun tersebut. Namun belum jelas apakah konsumsi produk tersebutberkaitan langsung dengan penyakit yang diderita.

Sejauh ini belum ada laporan kematian akibat mengonsumsiproduk tersebut,

 Laili