Malam Ini 12 Ribu Pasukan Jaga Gereja di Jakarta

By nova.id, Selasa, 24 Desember 2013 | 10:26 WIB
Malam Ini 12 Ribu Pasukan Jaga Gereja di Jakarta (nova.id)

Malam Ini 12 Ribu Pasukan Jaga Gereja di Jakarta (nova.id)

"Foto: Dok. Tribunnews "

Malam ini petinggi Polda Metro Jaya, pemerintah DKI Jakarta, Panglima Kodam  Jayakarta dan beberapa pejabat terkait akan mendatangi beberapa gereja utama di ibukota seperti Gereja Katedral dan Gereja Immanuel. Hal ini diungkapkan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto, kepada wartawan Selasa (24/12).

Sebagaimana diketahui, malam ini adalah misa perayaan Natal bagi umat Nasrani dan Katolik.

"Petugas pengamanan gereja sudah ditempatkan di beberapa wilayah dan gereja. Semua sudah di posisi," ungkap Rikwanto sembari menegaskan pasca apel siaga Operasi Lilin Jaya jam 15.00 WIB ini, pasukan sudah bergeser ke tempat bertugas.  Ada 12 ribu personel gabungan Polda Metro Jaya, Mabes POLRI dan TNI yang akan mengamankan tempat-tempat ibadah dan pusat keramaian.

Kedatangan para petinggi malam ini untuk mengecek langsung kesiapan pasukan dan bagaimana suasana di lapangan.

"Selain menjaga dengan menebar pasukan untuk berjaga, kita juga akan melakukan patroli keliling. Supaya tak ada ancaman baik via telepon dan lain-lain," ujar Rikwanto lagi.

Masih menurut Rikwanto, PMJ tak akan underestimate mengenai ancaman dana teror, baik di gereja kecil maupun besar. "Semua akan dijaga dengan SOP secara bersungguh-sungguh," tegasnya.

Sementara, beberapa gereja yang sepakat menggunakan pengamanan dari ormas dan pengamanan dalam mendapat restu penuh dari PMJ. "Ormas memang tidak dikendalikan Polda tapi kita persilahkan mereka berkoordinasi dengan pengamanan dalam gereja, ini hanya agar tidak tumpang tindih," ujar Rikwanto mempersilahkan gereja berkoordinasi dengan mereka sendiri.

Dan, diungkapkan Rikwanto, malam misa Natal nanti tidak ada pengalihan arus maupun penutupan jalur. "Semua normal. Namun jika ada gereja besar yang memiliki aktivitas yang mengganggu lalu lintas, akan dilakukan pengaturan," pungkasnya.

Laili