Ramen Salmon Panggang

By nova.id, Senin, 10 Oktober 2011 | 06:09 WIB
Ramen Salmon Panggang (nova.id)

Ramen Salmon Panggang (nova.id)

"Foto: Daniel Supriyono "

Kaldu Sayur: 200 gr salmon fillet, potong kotak1 sdm air jeruk nipis¼ sdt garam750 ml kaldu seafood2 btg serai, memarkan3 lbr daun jeruk1 sdt garam1 sdm gula pasir1 sdm minyak goreng2 ½ sdm kecap ikan5 bh cabai rawit merah½ sdm daun ketumbar, cincang2 ½ sdm air jeruk nipis350 gr ramen, rebus50 gr bok coy, seduh air panas1 btg daun bawang, iris halus

Bumbu Halus:2 bh cabai merah1 ½ siung bawang putih½ sdt terasi goreng1 ½ btr kemiri, sangrai

Cara Membuat:1. Lumuri salmon dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan lima menit dan panggang di atas pan sampai matang kecoklatan. Angkat dan sisihkan.2. Rebus kaldu seafood bersama serai, daun jeruk, garam, dan gula pasir masak dengan api kecil sampai mendidih.3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Tambahkan kecap ikan, aduk sebentar, angkat dan masukkan ke dalam rebusan kaldu seafood, masak hingga mendidih.4. Tambahkan cabai rawit, daun ketumbar, dan air jeruk nipis, aduk rata. Angkat.5. Siapkan mangkuk hidang, letakkan ramen, bok coy, dan salmon panggang, siram dengan kuahnya. Sajikan dengan taburan daun bawang.

Tip: Kaldu seafood bisa dibuat dari rebusan 100 gr kulit udang atau tulang ikan, 500 ml air, dan 2 cm jahe yang dimemarkan. Rebus selama 30 menit, lalu saring busanya dan ambil kaldunya.

Untuk 2 Porsi

Resep: Dahrani Putri, Uji Dapur: Dewi, Penata Saji: Nurwulan Andari, Foto: Daniel Supriyono