Renyahnya Ayam Tangkap Blang Bintang

By nova.id, Jumat, 8 November 2013 | 07:26 WIB
Renyahnya Ayam Tangkap Blang Bintang (nova.id)

Renyahnya Ayam Tangkap Blang Bintang (nova.id)

"Ayam Tangkap Blang Bintang Khas Aceh (FOTO: FACEBOOK) "

TABLOIDNOVA.com - Kalau Anda mengira mie aceh merupakan satu-satunya jajanan khas Aceh, mungkin Anda perlu berwisata kuliner lebih sering. Karena Aceh ternyata memiliki khasanah kuliner yang begitu luas. Dan jika Anda tertarik untuk mencicipinya, coba dulu hidangan Ayam Tangkap Blang Bintang Khas Aceh.

Anda akan terheran-heran mendapati begitu banyaknya ragam hidangan yang belum pernah Anda dengar namanya. Sebagai awalnya, cicipi menu Ayam Tangkap dan Sambal Ganja yang menjadi signature dish-nya. Namanya mungkin sedikit unik, namun ayamnya memang harus ditangkap langsung sebelum dipotong untuk memastikan kesegarannya.

Menu tersebut berupa daging paha dan dada yang diiris kecil-kecil, lalu ditimbun di antara daun kari dan daun pandan goreng. Daun goreng ini harus ikut disantap bersama nasi seperti lalapan pada hidangan sunda. Rasanya begitu renyah dan wangi.

Bagaimana dengan sambal ganjanya? Ini pun pantang dilewatkan. Tetapi tenang saja, sambal ini tidak menggunakan daun ganja. Bahan utama sambal ganja ternyata udang dan belimbing wuluh, ditambah bawang merah dan cabai. Rasanya sudah pasti gurih, tapi juga asam dan segar.

Selain itu, Anda bisa menikmati menu lain dari restoran ini. Antara lain Sop Ikan Khas Aceh, yang tentunya nikmat disantap saat udara dingin; Kuah Beulangong, Sambal Keumamah, yang merupakan suwiran ikan tongkol kering yang dibumbui cabai; Sie Reuboh, daging sapi atau daging kambing rebus yang dibumbui bawang merah, bawang putih, serta cabai merah dan cabai rawit; juga Gule Lemak Kepiting dan Sop Iga Daramaneh yang jadi menu istimewa di restoran yang berlokasi di jalan KH Ahmad Dahlan, Jakarta Selatan ini.

Sebagai pemuas dahaga, silakan mencicipi Kopi Sanger dan Ice Coffee Mint.

Untuk Anda yang ingin mencoba hidangan Ayam Tangkap Blang Bintang Khas Aceh, kunjungi saja booth-nya di Nova Ladies Fair 2013 yang berlangsung Sabtu (9/11/2013) di Plaza Barat Senayan, Jakarta.

Dini