Artefak Curian Ditemukan di Thailand?

By nova.id, Rabu, 2 Oktober 2013 | 07:12 WIB
Artefak Curian Ditemukan di Thailand (nova.id)

Artefak peninggalan kejaraan Mataram Kuno dan Majapahit yang dikabarkan hilang sejak pertengahan September lalu kabarnya sudah terlacak berada di Thailand..Benarkah?

"Ini akan kita konfirmasikan dengan interpol, apakah memang benar atau akan dicek," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, melansir laporan penyidik.

 Cepatnya gerak polisi ini memang diakui merupakan hasil koordinasi Polda Metro Jaya dengan Interpol dan bagian imigrasi untuk mencegah artefak bersejarah keluar dari Indonesia.

 Saat dikonfirmasi mengenai kesulitan yang dihadapi penyidik, polisi mengaku sulitnya mengungkap hilangnya artefak karena kurang presisinya waktu kehilangan artefak tersebut. "Nanti akan ada rekonstruksi lainnya. Proses masih berjalan dan belum dibulatkan," tukas Rikwanto lagi.

 Disinggung soal kemungkinan adanya unsur kesengajaan CCTV museum yang rusak, Rikwanto menjelaskan berdasarkan hasil temuan di lapangan, memang ada unsur kelalaian dari sistem pengamanan Museum Gajah. Namun kelemahan ini juga dimanfaatkan pihak yang mengincar harta benda di dalam museum.  Laili