Anggota IPMI Harus Konsisten Menjadi Desainer

By nova.id, Kamis, 26 September 2013 | 02:27 WIB
Anggota IPMI Harus Konsisten Menjadi Desainer (nova.id)

Anggota IPMI Harus Konsisten Menjadi Desainer (nova.id)

"Beberapa desainer yang mengikuti "Bazaar Fashion Festival present IPMI Trend Show 2014". (FOTO: ESTER/NOVA) "

Menjadi anggota Ikatan Perancang Muda Indonesia (IPMI) tidaklah mudah! Stigma ini, kata Ketua IPMI Syamsidar Isa, seringkali terdengar di kalangan desainer dan juga pecinta fashion Indonesia.  

Menurut Cami, sapaan Syamsidar, hal itu tidaklah benar. Sejak berdiri pada 1985, Perhimpunan Ahli Perancang Muda Indonesia (PAPMI, sebelum diubah menjadi IPMI), membuka kesempatan luas kepada para desainer untuk menjadi anggotanya. Hanya memang, untuk bisa menjadi anggota mereka harus memenuhi beberapa kualitas. Di antaranya adalah:

Pertama, memiliki konsistensi sebagai fashion designer. "Banyak desainer yang belakangan beralih profesi. Nah, yang begini ini kami enggak mau," kata Cami.

Kedua, orang itu minimal sudah jadi desainer selama satu periode.

Ketiga, mengalami perkembangan. Entah itu sering muncul di media, pernah muncul di fashion show kecil, koleksinya dipakai masyarakat luas, dan sudah mendirikan workshop.

Intinya, kata Cami, anggota IPMI haruslah sudah menetapkan desainer sebagai jalan hidupnya. Alasan-alasan ini ditetapkan IPMI untuk mencari orang-orang yang memang memiliki dedikasi tinggi pada perkembangan fashion Indonesia, dan mau berkembang secara personal melalui brand-nya.

Ester