Fairfax Akan Beli Blackberry?

By nova.id, Selasa, 24 September 2013 | 07:38 WIB
Fairfax Akan Beli Blackberry (nova.id)

Fairfax Akan Beli Blackberry (nova.id)

""

Kabar terbaru dari perusahaan penjual ponsel pintar BlackBerry Ltd, baru-baru ini terdengar kabar jika pemegang saham terbesar BlackBerry telah mencapai kesepakatan tentatif untuk membayar 4,7 Milyar Dolar Amerika demi menyelesaikan masalah produksi smartphone mereka. Kendati banyak investor khawatir akan kematian potensi BlackBerry.

Sebelumnya (Senin, 23/9/13) BlackBerry Ltd mengatakan jika Fairfax Financial Holdings Ltd telah menandatangani surat kesepakatan (letter of intent) yang "merenungkan" kembali pembelian saham perusahaan BlackBerry senilai 9 dolar persaham secara tunai. Kesepakatan tentatif ini  dicapai setelah beberapa hari lalu perusahaan asal Kanada ini (BlackBerry Ltd) mengumumkan rencana memberhentikan 40% angkatan kerjanya secara global. Nilai ini jauh di bawah harga saham BB sebelum pengumuman soal PHK karyawan.

Para pengamat ekonomi mengatakan, kendati bisnis hardware Blackberry tak layak diselamatkan dengan nilai tinggi, perusahaan ini masih memiliki hak paten dimana ini merupakan sesuatu yang sangat berharga. Paten di bidang teknologi nirkabel memiliki nilai yang meledak di beberapa tahun terakhir. Seperti perusahaan pemroduksi iPhone dan beberapa perangkat Android yang kerap saling menggugat disebabkan masalah paten ini. Memiiki portofolio dan paten yang kuat membuat perusahaan pembuat telepon dapat membela diri dan memiliki nilai tawar diluar kesepakatan.

Blackberry sendiri memiliki nilai investasi sekitar 2,6 Milyar Dolar Amerika  kendati tengah dilanda badai perekonomian. Dan, dalam beberapa bulan terakhir BB telah menghabiskan setengah Milyar Dolar dalam operasional.

Jika kesepakatan tentang pembelian penuh saham BB terjadi, BB tidak akan lagi menjadi perusahaan publik. BlackBerry  sendiri menyatakan jika kesepakatan telah disetujui oleh Dewan dan Komite Khusus. Perusahaan ini akan mengetuk palu transaksi dengan Fairfax (jadi dibeli penuh atau tidak) pada 4 November nanti. Sementara waktu, BlackBerry sedang mempertimbangkan menjual saham pada beberapa pembeli potensial lain.

Laili/ AP