Takoyaki

By nova.id, Jumat, 8 April 2011 | 17:03 WIB
Takoyaki (nova.id)

Takoyaki (nova.id)

"Foto: Fadoli Barbathully "

Bahan:1 bks kaldu ikan250 ml air mendidih200 gr tepung terigu protein rendah1 sdt gula pasir½ sdt garam2 btr kuning telur2 sdm mentega cair2 btr putih telur, kocok kaku10 gr cakalang asap, untuk taburan

Isi:octopus, rebusudang, rebuscumi, rebus

Saus:25 ml saus bulldog50 gr mayonnaise50 gr saus cabai

Cara Membuat:1. Campur kaldu ikan dengan air mendidih, aduk rata. Sisihkan.2. Campur tepung terigu, gula pasir dan garam, masukkan kuning telur, tuangi air kaldu ikan sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai licin.3. Tambahkan mentega cair, aduk rata.4. Masukkan putih telur yang sudah dikocok sampai kaku ke dalam adonan, aduk rata.5. Tuang adonan takoyaki pada cetakan yang sudah diolesi dengan margarin hingga ½ bagian. Taburi bagian atasnya baby octopus (bayi gurita), udang, dan cumi. Masak di atas api kecil.6. Bila sudah setengah matang, balik adonan dengan bantuan tusuk satai/tusuk besi. Olesi kembali dengan sedikit adonan, balikkan hingga berbentuk bulat.7. Susun takoyaki dalam piring saji, beri saus bulldog, mayonnaise dan saus cabai. Taburi bagian atasnya dengan cakalang asap.

Untuk 10 Orang

Tips: Saus bulldog adalah saus BBQ khas jepang (biasa disebut saus tonkatsu). Dinamai demikian karena kemasannya bergambar bulldog. Saus ini terbuat dari saus tomat, cuka apel, karamel, bawang putih, rempah, gula, prune, wortel, gula, dan buah pengental.

Resep: Nuraini Wahyuningsi, Uji Dapur: Klub Nova, Penata Saji: T. Firta Hapsari, Foto: Fadoli Barbathully