RA Kosasih Telah Tiada

By nova.id, Senin, 23 Juli 2012 | 18:17 WIB
RA Kosasih Telah Tiada (nova.id)

RA Kosasih Telah Tiada (nova.id)

"RA Kosasih (Foto: Henry) "

Penggemar komik Indonesia berduka. Raden Achmad Kosasih meninggal dunia dalam usia 93 tahun, Selasa (24/7) sekitar pukul 01.00. "Pak Kosasih meninggal di rumah. Awalnya beliau jatuh," ujar Adin, cucu Kosasih. Adin mengungkapkan, rencananya jasad Kosasih akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir siang ini.

Sebelumnya, ujar Adin, kakeknya beberapa kali masuk rumah sakit karena usia yang sudah sepuh. Beberapa hari sebelum meninggal, "Kakek sempat dirawat di Rumah Sakit Premier Bintaro karena sakit empedu dan lambung. Setelah beberapa hari dirawat, kondisi Kakek membaik dan pulang ke rumah."

Jasad RA Kosasih disemayamkan di rumah duka di Jalan Cempaka Putih, Rempoa. Semasa hidupnya, RA Kosasih dikenal sebagai Bapak Komik Indonesia. Ia termasuk komikus yang sangat produktif dengan karyanya yang sangat terkenal antara lain Mahabharata dan Ramayana.  Selain menggarap komik wayang, ia juga banyak mengangkat cerita rakyat. Begitu populernya karyanya, hingga hari ini komik-komik RA Kosasih masih terus diterbitkan.

 Selamat jalan maestro komik Indonesia

Henry