Ini Dia Makanan Kesukaan Dua Capres

By nova.id, Kamis, 3 Juli 2014 | 06:31 WIB
Ini Dia Makanan Kesukaan Dua Capres (nova.id)

Ini Dia Makanan Kesukaan Dua Capres (nova.id)

"Jokowi menikmati makanan di warteg (TRIBUN NEWS.COM / FX ISMANTO) "

TabloidNova.com - Lupakan sejenak soal kampanye hitam, soal tuding-menuding, dan soal hiruk-pikuk kampanye. Mari melirik hal-hal ringan yang menjadi kesukaan kedua capres RI, Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi), antara lain untuk urusan makanan. Karena ternyata, untuk urusan makanan kesukaan Jokowi dan Prabowo berbagi hal yang sama, yakni makanan pinggir jalan alias street food.

Prabowo misalnya, meski banyak menghabiskan waktunya di luar negeri, ternyata capres nomor urut satu ini tidak pernah kehilangan selera saat menyantap makanan jalanan khas Indonesia, khususnya nasi goreng, yang memang tersebar di segala penjuru di Tanah Air. "Pak Prabowo sering mengajak tamu atau staffnya untuk bersama-sama makan di rumah. Dan di sana, hampir pasti selalu ada nasi goreng yang disajikan untuk menu sarapan, makan siang, dan makan malam," ujar Dirgayuza "Yuza" Setiawan, salah satu staff terdekat Prabowo kepada The Jakarta Post.

Kata Yuza lagi, Prabowo juga sangat menyukai nasi lemak, salah satu makanan asli Malaysia, yang disajikan dengan tambahan bawang putih. Bahkan, setiap kali mengunjugi Malaysia, Prabowo selalu menyempatkan diri berkunjung ke restoran favoritnya, Uncle Don's Warong. "Saat makan di restoran itu, Pak Prabowo senang mengenang hari-harinya saat bermukim di Malaysia bersama ayahnya," kata Yuza.

Sementara itu, Jokowi memang tidak memiliki menu makanan yang spesifik yang menjadi kesukaannya. Tapi sudah beberapa kali, Jokowi memang kerap menikmati makanan dari warung pinggir jalan, terutama saat blusukan. Jokowi sering terlihat makan di warung tegal alias warteg.

Tapi memang Jokowi tidak terlalu suka makan. Bahkan ia santai saja saat Megawati Soekarnoputri kerap "menyindirnya" karena posturnya yang kurus kerempeng. "Saya memang tidak terlalu suka makan. Saya tidak memiliki makanan favorit. Saya bisa makan apa saja," ujar Jokowi.

Yetta Angelina / Sumber: The Jakarta Post