Meksiko Pulang, Maskapai Penerbangan Belanda Diboikot

By nova.id, Senin, 30 Juni 2014 | 04:44 WIB
Meksiko Pulang Maskapai Penerbangan Belanda Diboikot (nova.id)

Meksiko Pulang Maskapai Penerbangan Belanda Diboikot (nova.id)

"Isi kicauan KLM yang kini sudah dihapus (foto: nydailynews) "

TabloidNova.com - Ada-ada saja memang ulah yang tercipta di sosial media menanggapi hasil pertandingan Piala Dunia Brasil 2014 ini. Apalagi memang, banyak hasil pertandingan tahun ini yang di luar dugaan banyak orang. Sebut saja tim-tim negara Eropa yang tadinya jaya dan berkuasa, ternyata harus keok di babak awal. Bahkan juara tahun lalu, Spanyol, juga harus angkat kaki. Banyak pula yang berpendapat bahwa Piala Dunia tahun ini milik negara-negara Amerika Latin.

Tapi satu negara yang tadinya digadang-gadang akan memiliki langkah mulus dan panjang di Piala Dunia tahun ini, Meksiko, justru harus menelan pil pahit usai takluk dari Belanda dengan skor 2-1. Padahal hingga menit-menit terakhir, Meksiko sempat unggul 1-0.

Tapi bukan soal hasil pertandingan yang menjadi bahasan banyak pihak di dunia maya usai pertandingan Meksiko versus Brasil. Tapi soal aksi kurang terpuji yang diunggah akun twitter maskapai penerbangan ternama asal Belanda, KLM. Banyak yang menilai, kicauan akun twitter KLM sudah menodai rakyat Meksiko.

Alkisah, usai pertandingan yang dimenangkan Belanda, akun twitter KLM merilis kicauan berkata, "Adios Amigos! #NEDMEX", ditambah dengan sebuah foto ikon karikatur berkumis, menggambarkan sosok pria Meksiko mengenakan topi sombrero, khas negara itu. Tentu saja kicauan tersebut menuai berang dan amarah rakyat dan pendukung timnas Meksiko.

Anehnya, KLM langsung menghapuis twit dan foto tersebut tanpa terlebih dahulu meminta maaf atas kecerobohan mereka. Salah satu yang tersinggung dengan kicauan KLM adalah aktor asal Meksiko, Gael Garcia Bernal, yang mengajak jutaan pendukungnya di twitter untuk mem-banned KLM. Bahkan ia bersumpah tidak akan pernah mau terbang dengan maskapai itu lagi.  Yetta Angelina