Mesut Ozil Pilih Tak Berpuasa Saat Piala Dunia

By nova.id, Minggu, 29 Juni 2014 | 04:04 WIB
Mesut Ozil Pilih Tak Berpuasa Saat Piala Dunia (nova.id)

Mesut Ozil Pilih Tak Berpuasa Saat Piala Dunia (nova.id)

"Mesut Ozil pilih tak puasa Ramadan saat Piala Dunia 2014 "

TabloidNova.com - Ramadan, bulan suci umat muslim di seluruh dunia sudah datang. Selama satu bulan penuh, umat muslim berkesempatan untuk menjalankan ibadah puasa, termasuk mereka yang berprofesi sebagai pesepakbola.

Tahun ini, penyelenggaraaan babak 16 besar Piala Dunia di Brasil bertepatan dengan dimulainya ibadah puasa. Dan beberapa tim yang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar juga memiliki pemain yang beragama Islam. Antara lain adalah gelandang asal tim Jerman, Mesut Ozil. Pemain yang berdarah Turki-Jerman ini pun mau tak mau akhirnya memilih untuk tidak menjalankan ibadah puasa demi fokus membela timnas Jerman saat berlaga di Piala Dunia 2014.

"Ramadan akan dimulai akhir pekan ini, tetapi saya tidak akan ikut berpuasa dulu karena saya harus bermain sepak bola," kata Ozil dalam konferensi pers, seperti dikutip Reuters, Kamis (26/6/2014).

Tak hanya Ozil, beberapa pesepakbola lainnya seperti Karim Benzema (Prancis) dan Marouane Fellaini asal Belgia juga diketahui beragama Islam, namun belum diketahui apakah mereka akan tetap menjalankan ibadah puasa atau tidak.

Tapi jikalau para pemain sepakbola ini memutuskan untuk tetap berpuasa saat Piala Dunia, ada saran bagus dari Emma Gardner, ahli gizi di English Institute of Sport. Menurut Emma yang sudah melakukan penelitian dengan studi kasus di tim hoki Inggris yang bermain dalam kondisi puasa ini, seorang pesepakbola dimungkinkan untuk tetap berpuas selama bertanding. "Jika pemain sepak bola sedang berpuasa, waktu optimal untuk pertandingan adalah sore ke malam hari. Karena itu yang paling dekat dengan waktu berbuka dan dapat menghindari dehidrasi," katanya, menjelaskan strategi untuk mengimbangi olahraga dan puasa.

Yetta Angelina / Sumber: Kompas.com