Cerita Selebriti dan Kebersamaan Keluarga, Dari Obrolan Hingga Aturan Di Meja Makan (2)

By nova.id, Senin, 9 Februari 2015 | 04:50 WIB
Cerita Selebriti dan Kebersamaan Keluarga Dari Obrolan Hingga Aturan Di Meja Makan 2 (nova.id)

SOPHIE NAVITA Tatap Muka Itu Penting

Setiap ibu punya cara tersendiri untuk menjaga kebersamaan dalam keluarga. Termasuk presenter cantik Sophie Navita (39). Ia mengaku memulai harinya untuk keluarga di pagi hari. Caranya berkumpul bersama ketika sarapan di meja makan sebelum mulai beraktivitas. Meski ada kesibukan, hal tersebut tetap menjadi perhatian utamanya, "Kami itu bisa dikatakan selalu bersama-sama apalagi kalau saya lagi tidak bekerja atau pas Bapaknya juga tidak bekerja. Jadi kalau saya lagi di rumah, makan siang pun saya yang masak. Kalaupun saya keluar karena ada meeting atau syuting saya selalu sempatkan pulang ke rumah untuk masak kemudian pergi lagi," ungkapnya.

Menurut Sophie, kedua putranya, Rangga Namora Putra Barata (11) dan Radya Tuaro Putra Barata (7) sudah mengetahui rutinitas di pagi hari tersebut, "Anak-anak, kan, home schooling, tapi mereka tahu saat pagi ngumpul di meja makan itu waktunya kami berdoa dan sarapan bersama. Ini terasa berharga bagi aku, sebagai istri dan ibu."

Namun yang menarik, hampir setahun belakangan ini Sophie menanamkan kebiasaan yang berbeda untuk keluarganya saat berada di meja makan, "Yang sedang kami lakukan saat ini adalah makan dalam diam. Maksudnya, tidak berbicara saat di meja makan atau meditasi makan. Karena buat saya ini adalah sesuatu hal yang harus disyukuri, banyak proses yang dilewati sampai makanan itu tersaji di meja makan. Enggak akan over eating juga, jadi saat kenyang, kami sadar kalau sudah kenyang," lanjutnya.

Meski masih suka on-off dalam melakukan meditasi makan, tapi Sophie tak bosan untuk terus menanamkan kebiasaan tersebut. Baginya, meja makan bukanlah sekadar tempat curhat, "Jadi mendingan makan dulu, setelah selesai baru ngobrol. Kalau belum selesai, ya, diam saja," tutur Sophie yang mengaku memiliki menu sarapan tergantung musim, "Ya, kalau lagi musim panas, kami biasa dengan green juice atau green smoothies. Kalau lagi musim hujan dengan makanan yang serba hangat," tambahnya.

Disamping memperhatikan betul asupan gizi keluarganya, Sophie juga punya cara jitu agar komunikasi dan kebersamaan keluarganya berjalan hangat. Saat kumpul bereempat di rumah, Sophie mendisiplinkan kedua anaknya dalam hal waktu. Termasuk tidak sering menonton teve. Trik ini cukup ambuh. Terbukti, keluarga kecil ini lebih sering ngobrol santai dan bercanda. "Buat kami hal apa pun yang dilakukan bersama keluarga, kapan pun itu merupakan momen berharga. Yang penting, sih, tatap muka dan ngobrol. Kadang saya suka arahkan obrolan ke cita-cita anak-anak saya. Karena saya ingin menanamkan sejak kecil, agar mereka sudah tahu ke depannya mereka ingin menjadi apa? Jadi, hampir setiap hari saya selalu tanya 5 atau 10 tahun ke depan ingin jadi apa? Itu semua ditanamkan agar mereka punya target," ungkapnya.

Becky Tumewu Layaknya Seorang Teman

Bagi Becky Tumewu (44), ada satu hal wajib yang harus dilakukan di keluarganya yaitu sarapan. Aktivitas di pagi hari ini membuat Becky, suami, dan kedua anaknya terbiasa untuk makan bersama sebelum ke luar rumah. Menurut Becky dalam momen tersebut, meski waktunya tak banyak, tetap ada komunikasi yang terjalin di tengah keluarga.

Malah saking merasa pentingnya, penyiar radio dan presenter senior ini bahkan tak pernah mengizinkan kedua putrinya, Tara Marie Darmawan (15) dan Kayla Zefanya Darmawan (12) meninggalkan rumah tanpa makan apapun. "Saya masih percaya sarapan pagi itu penting. Kalau orang yang sedang diet dan tidak sarapan, itu lain urusannya. Tapi bagi kehidupan yang wajar buat saya, sarapan pagi itu harus. Satu keluarga bertemu dan berkomunikasi sebelum mulai beraktivitas," kata istri Johannes Theodorus Darmawan ini.

Menu sarapan yang disajikan pun berbeda-beda setiap paginya. Namun, ia dan keluarganya lebih suka sarapan yang tidak terlalu berat seperti roti bakar atau buah-buahan. Oleh karena waktu yang tak banyak dari seluruh anggota keluarga, di waktu sarapan itu, obrolan yang terjadi di meja makan pun berlangsung singkat. "Paling hanya pemberitahuan, misalnya nanti anak-anak yang jemput supir ya, atau mamanya. Have a good day! Itu saja, sih. Sementara kalau obrolan yang lebih santai, biasanya dilakukan sore hari atau saat makan malam," jelas artis yang pernah membintangi sitkom Lenong Rumpi dan Harry-Harry Mau ini.

Di momen santai seperti itu, Becky mengaku komunikasinya dengan suami dan anak-anak lebih berkualitas. "Lebih banyak yang diobrolin misalnya, cerita mereka soal bagaimana hari ini, ngapain aja di sekolah, gimana ulangannya, bisa enggak? Besok ada ulangan lagi enggak? atau sudah ngerjain PR belum? Kalau sama suami, paling kita suka berbagi cerita soal apa yang sedang dihadapi? Pekerjaan apa yang saat itu lagi dikerjakan?" cerita Becky.

Ia juga mengaku punya waktu khusus ngobrol bersama kedua putrinya yang kini sudah beranjak remaja. Menurut Becky, karena kedua anaknya perempuan, hubungan mereka pun lebih dekat, seperti layaknya seorang teman. "Kalau kebetulan hari itu saya yang jemput mereka, di mobil arah pulang, biasanya kita cerita-cerita about anything, bisa soal sekolah, pertemanan mereka. Apa saja lah karena sejak mereka kecil pun, saya sudah memperlakukan mereka seperti teman baik saya," imbuh Becky lagi.

 Isna, Caroline