Polisi Siap Amankan Demo Kenaikan Harga BBM

By nova.id, Minggu, 2 Juni 2013 | 22:58 WIB
Polisi Siap Amankan Demo Kenaikan Harga BBM (nova.id)

Polisi Siap Amankan Demo Kenaikan Harga BBM (nova.id)

"Foto: Edwin "

Biasanya tiap kali ada rencana kenaikan harga BBM selalu dikuti dengan penolakan dari masyarakat. Bahkan beberapa kali penolakan berupa demo ini berakibat rusuh dan anarkis. Polisi pun sudah melakukan antisipasi.

Terkait pada bulan Juni 2013 akan ada isu kenaikan harga BBM, POLRI dan Polda Metro Jaya berencana akan menggelar operasi. "Tanggal akan disesuaikan dengan kapan harga BBM akan dinaikkan," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, Jumat (31/5).

Kendati demikian, PMJ masih akan menunggu konfirmasi dari pihak Pertamina untuk kisaran dan kapan harga BBM baru diluncurkan. "Sampai saat ini belum ada keputusan," ujar Rikwanto lagi. Namun Rikwanto menambahkan jika pekan depan Pertamina akan melakukan sosialisasi dengan PMJ termasuk soal apa yang akan dilakukan saat harga BBM naik berlangsung.

"Sementara ini akan dilakukan operasi terhadap sasaran penimbunan, dan gangguan kelancaran serta keamanan distribusi BBM. Termasuk soal kelangkaan bahan bakar dan panjang antrian yang mungkin terjadi," terang Rikwanto lagi.

Jika ditemukan adanya pelanggaran, polisi tidak akan segan melakukan penindakan sesuai yang diatur dalam UU Migas. "Sejauh ini kita sudah melakukan pemetaan," tegas Rikwanto.

Selain mengamankan pos pengisian bahan bakar, juga petugas akan mewaspadai adanya modifikasi mobil untuk menimbun bahan bakar. "Termasuk jika ada mobil boks yang didalamnya terdapat drum-drum untuk menimbun bahan bakar," ujar Rikwanto mencontohkan.

Atas masukan dan informasi dari lapangan, petugas PMJ berupaya mengamankan proses pelayanan publik dari berbagai kemungkinan risiko terjadinya rusuh saat kenaikan harga bahan bakar nantinya.

Laili