Korban Virus SARS Semakin Bertambah

By nova.id, Rabu, 29 Mei 2013 | 05:18 WIB
Korban Virus SARS Semakin Bertambah (nova.id)

Korban Virus SARS Semakin Bertambah (nova.id)

"Ilustrasi "

Menteri Kesehatan Prancis Marisol Touraine menyampaikan, orang pertama  di Prancis yang terjangkit novel coronavirus (NCoV) atau dikenal dengan virus korona meninggal Selasa (28/5) malam di rumah sakit kota Lille.

Kematian pasien di Prancis ini merupakan korban meninggal akibat NCoV  yang ke 23 di seluruh dunia pada tahun 2013 ini.

Pasien berusia 65 tahun ini sebelumnya pernah melakukan perjalanan ke Dubai. Ia didiagnosa terkena virus baru dalam keluarga SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) ini pada 8 Mei. Di mana sebelumnya ia dirawat di rumah sakit sejak 23 April setelah kembali dari Dubai.

Kasus-kasus NCoV memang muncul di sejumlah negara Timur Tengah. Tahun ini saja, sudah ada 44 kasus yang dikukuhkan terkait virus ini dan kota-kota yang diserang adalah: Yordania, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Prancis, Jerman, Tunisia dan Inggris.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, NCoV dapat menular dari manusia ke manusia yang berada di jarak dekat. Terbukti, saat ini ada seorang pasien lainnya di Prancis  yang sedang berada dalam kondisi kritis. Ia terjangkit virus korona dari pasien pertama ketika mereka berada di dalam satu kamar di rumah sakit sebelumnya.

Virus korona diketahui berasal dari keluarga yang sama dari pemicu Sindrom Pernapasan Sangat Parah (SARS) yang merebak di Asia pada akhir 2003 dan menewaskan 775 orang. Sekitar 50 persen dari total kasus ini terdapat di Arab Saudi.

Ester Sondang