Paus Benediktus Kembali ke Vatikan

By nova.id, Jumat, 3 Mei 2013 | 13:06 WIB
Paus Benediktus Kembali ke Vatikan (nova.id)

Paus Benediktus Kembali ke Vatikan (nova.id)

""

Mantan Paus Emeritus Benediktus (86) telah kembali ke Vatikan, Kamis (2/4), setelah dua bulan mengundurkan diri. Benediktus merupakan Paus pertama yang mengundurkan diri sejak tahun 600.

Dia diterbangkan dengan helikopter dari Castel Gandolfo kediaman musim panas kepausan untuk hidup secara permanen di Kota Vatikan. Disambut langsung oleh Paus Francis, Benediktus diantar ke akomodasi barunya.

Benediktus terakhir terlihat di depan umum pada tanggal 23 Maret dengan banyak spekulasi mengenai kesehatannya. Saat itu beberapa pengamat mengatakan,  ia muncul dalam kondisi lebih lemah dibandingkan ketika ia mengundurkan diri pada 28 Februari silam.

Meski demikian, juru bicara Vatikan Federico Lombardi mengatakan, saat ini kondisi Benediktus sangat baik. 

Benediktus selanjutnya akan tinggal di Biara Mater Ecclesiae, tepat di belakang Basilika Santo Petrus, dengan sekretaris pribadinya Georg Gaenswein.Bangunan digambarkan sebagai tempat "kecil tapi diperlengkapi dengan baik", termasuk kapel, perpustakaan, dan ruang tamu yang tersedia jika kakaknya, Georg Ratzinger, melakukan kunjungan.

Menurut Vatikan, Benediktus akan menghabiskan hidupnya dengan mendedikasikan dirinya untuk kehidupan doa pribadi dalam pelayanan Gereja. 

Ester Sondang