Polisi Antisipasi May Day

By nova.id, Selasa, 23 April 2013 | 06:23 WIB
Polisi Antisipasi May Day (nova.id)

Polisi Antisipasi May Day (nova.id)

"Foto : Laili "

April akan segera berakhir, artinya sebentar lagi akan ada Hari Peringatan Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei. Biasanya, pada hari tersebut para buruh turun ke jalan dan menggelar unjuk rasa.

Polisi jauh-jauh hari sudah mengantisipasi. Hari ini Selasa (23/4) Wakapolda Metro Jaya, Brigjend Pol Sujarno menggelar pertemuan dengan  Pimpinan Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP), bertema "Dalam Rangka Kemitraan dan Harkamtibmas Menjelang May Day" di Mapolda Metro Jaya. 

Dalam kesempatan itu Sujarno memastikan jika jajaran Polda Metro Jaya akan berupaya semaksimal mungkin menjaga keamanan dan ketertiban pada hari tersebut. Termasuk diantaranya mencegah terjadinya penutupan jalan tol. 

"Saya juga sudah perintahkan pada para Kapolres terkait. Diantaranya beberapa wilayah potensial terjadinya unjuk rasa seperti Tangerang dan Bekasi, untuk mencari solusi. Selain juga dilakukan upaya preventif," ungkap Sujarno. 

Nantinya dalam menjaga ketertiban dan keamanan, PMJ akan menekankan dua hal, yakni mencegah penutupan jalan tol dan mengantisipasi aksi sweeping oleh pengunjuk rasa. "Diharapkan aksi-aksi dalam rangka memperingati hari buruh bisa berjalan aman dan damai. Dan kami terus berusaha mengelola agar May Day berlangsung aman," tambahnya. 

Sejauh ini, pihak Polda telah menggelar beberapa pertemuan dengan berbagai elemen buruh serta menyampaikan himbauan agar pihak terkait mampu bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban.

"Polda Metro Jaya bersama perusahaan juga telah melakukan pendekatan pada keluarga buruh dengan menggelar berbagai kegiatan sosial, pengobatan gratis, pelatihan, hingga pembagian sembako,"ujarnya.Laili