25 Tips Wirausaha dari 5 Praktisi & Pakar (2)

By nova.id, Kamis, 11 April 2013 | 10:28 WIB
25 Tips Wirausaha dari 5 Praktisi Pakar 2 (nova.id)

25 Tips Wirausaha dari 5 Praktisi Pakar 2 (nova.id)
25 Tips Wirausaha dari 5 Praktisi Pakar 2 (nova.id)

"Foto: Dok Pri "

Kuliner - Fatmah Bahalwan (Natural Catering, Natural Cooking Club)

- Pelajari kemampuan diri dan pilih bidang yang paling Anda kuasai dan senangi. Bila bidang kuliner yang jadi pilihan Anda, siapkan semua resep andalan sebagai produk utama.

- Siapkan kemasan untuk hasil produksi yang sebaik-baiknya agar tampilan produksi Anda cantik dan menarik. Pasarkan hasil terbaik yang Anda produksi dan layani permintaan pelanggan dengan baik, tanpa cacat.

- Mulai perkenalkan kepada masyarakat sekitar bahwa Anda memiliki usaha kuliner. Perluas promosi menggunakan jejaring sosial dan perkumpulan lainnya. Semangat dan ketekunan ini harus Anda jaga tanpa henti dari waktu ke waktu. Berpikirlah positif dan anggap setiap orang sebagai pelanggan potensial. Ingat, kepercayaan pelanggan adalah modal utama yang harus selalu dijaga.

- Untuk urusan keuangan, selalu pisahkan kebutuhan rumah tangga dengan uang usaha. Buat rekening bank terpisah untuk menghindari kerancuan. Ingat, Anda harus disiplin!

- Selalu camkan bahwa sukses adalah cita-cita setiap pengusaha. Maka, jalani usaha dengan serius seakan Anda tidak punya pilihan lain selain sukses. Umpamakan diri Anda sebagai panglima perang dengan pilihan 'menang' atau 'mati'. Pilihan seorang pengusaha adalah 'menang'. Maka bertempurlah dan pakai seluruh energi Anda untuk meraih kemenangan itu.

Astudestra Ajengrastri