Catatan KPAI Sepeninggalan Dara & Dera

By nova.id, Kamis, 21 Maret 2013 | 07:54 WIB
Catatan KPAI Sepeninggalan Dara Dera (nova.id)

Catatan KPAI Sepeninggalan Dara Dera (nova.id)

"Foto: Laili/NOVA "

Salah satu hal yang disesalkan oleh Satgas PA atas kematian bayi Dara, putri pasangan muda Elias dan Lisa Darawati, warga Jati Padang Baru, Jakarta timur, hingga saat Dara menghadap Sang Khalik Menteri Kesehatan tak bergeming untuk melakukan audit layanan kesehatan seperti sempat diminta oleh KPAI.

"Kita sudah sering melakukan hearing dan diskusi, tapi sampai sekarang belum ada aksi apapun," ujar M. Ihsan, Ketua Satgas PA, kepada tabloidnova.com.

Momen meninggalnya bayi Dara ini, Ihsan berharap jika Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboy untuk melakukan pembaharuan di departemen yang dipimpinnya. "Seharusnya Menkes lebih banyak mendengarkan suara masyarakat sehingga mata sistem yang sifatnya preventif lebih maksimal,"    saran Ihsan.

Dalam kasus Dera (saudara kembar bayi Dara yang sudah meninggal terlebih dulu, Red.)  Satgas PA menyoroti beberapa hal yang belum dilakukan Kemenkes RI, diantaranya, emergensi seharusnya tidak boleh ditolak oleh rumah sakit, rujukan seharusnya rumah sakit yang mencarikan bukan diminta oleh keluarga pasien, dan sebaiknya dilakukan audit layanan kesehatan serta diumumkan secara transparan sehingga menjadi pembelajaran bagi umum.

Laili