Sosok Sederhana Sang Sri Paus

By nova.id, Kamis, 14 Maret 2013 | 07:33 WIB
Sosok Sederhana Sang Sri Paus (nova.id)

Sosok Sederhana Sang Sri Paus (nova.id)

""

Jorge Bergoglio yang tadinya menjabat sebagai Uskup Agung di Buenos Aires adalah Paus pertama yang mengambil nama Francis of Asisi. Dalam agama Katolik, Francis of Asisi dikenal karena kiprahnya membantu kaum miskin. Francis juga dikenal sebagai tokoh reformasi gereja.

CNN melaporkan, Bergoglio memiliki rekam jejak yang kurang lebih mirip dengan Francis of Asisi. Ia adalah Kardinal yang tegas dan pengikut setia kubu konservatif gereja Katolik. Sebagai Kardinal, Bergoglio sempat bersitegang dengan pemerintahan Argentina karena pandangannya yang konservatif mengenani pernikahan sesama jenis dan pembagian alat kontrasepsi gratis. Bergoglio memang sangat menenatang aborsi dan homoseksualitas.

Dalam profil Bergoglio yang dibuat oleh analis Vatikan, John Allen, Bergoglio lahir di Buenos Aires dari seorang ayah yang merupakan imigran asal Italia. Sejak kecil, Bergoglio adalah anak yang sederhana. Kesederhanaan ini dibawanya hingga masa ia bergabung dengan gereja.

Ia, misalnya, memilih untuk tinggal di apartemen dibandingkan di istana Uskup Agung. Ia juga menolak penggunaan limosine untuk transportasi dan memilih bepergian ke kantornya menggunakan bus. Bergoglio yang sangat suka sepak bola seperti masyarakat Argentina pada umumnya, juga hobi memasak sendiri.

Ajeng