Gerakan Hilangkan Mitos Penyakit Kanker

By nova.id, Sabtu, 23 Februari 2013 | 02:01 WIB
Gerakan Hilangkan Mitos Penyakit Kanker (nova.id)

Gerakan Hilangkan Mitos Penyakit Kanker (nova.id)

"Jokowi hadir di acara Hari Kanker. Foto: Swita/NOVA "

Dalam rangka peringatan Hari Kanker Sedunia Tahun 2013, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) mengadakan Gerakan Hilangkan Mitos Penyakit Kanker-Dapatkan fakta. Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Prof.Dr.dr Nila Moeloek  menjelaskan kesadaran masyarakat akan bahanya penyakit kanker sangat minim. Mitos-mitos seputar penyakit kanker pun seakan-akan menjadikan kanker sebagai aib yang harus ditutupi.

"Salah satu mitos yang ada itu,kanker selalu berakibat kematian,saat ini penyakit kanker berhasil disembuhkan tetapi jika mendapat perawatan dan pengobatan efektif, apalagi bila di temukan pada stadium dini," papar ketua YKI kepada tabloidnova.com,Jumat (22/2) di Jakarta.

Rutin mengedukasi masyarakat memang menjadi sasaran kegiatan semua agenda yang YKI lakukan. "Banyak kegiatan sosialisasi penyakit kanker tentunya yang kami lakukan,salah satunya juga  bekerjasama dengan pemerintah DKI Jakarta," jelasnya.

Indonesia yang masih berada di urutan ke 4 dunia terbanyak menderita penyakit kanker diharapkan Nila Moelok angkanya akan menurun dengan gencarnya edukasi yang diberikan. "Kami berharap semua dapat bekerjasama untuk membangun kesadaran pentingnya pola hidup sehat,edukasi bahayanya kanker dan bagaimana memerangi penyakit ini,semua dapat berkontribusi dengan memberikan informasi yang tepat dan tahu betul mana fakta dan mana mitos seputar kanker," tandasnya

Swita