Dua Versi Valentine

By nova.id, Selasa, 12 Februari 2013 | 09:09 WIB
Dua Versi Valentine (nova.id)

Dua Versi Valentine (nova.id)

"Ilustrasi "

Kita tahu bahwa Februari telah lama dirayakan sebagai bulan asmara. Namun apakah Anda tahu bagaimana tradisi ini bermula? Kemunculan Hari Valentine memiliki banyak versi. Salah satu legenda mengatakan, Valentine adalah seorang imam yang bertugas pada abad ketiga di Roma. Saat itu, Kaisar Claudius II yang berkuasa, melarang pria muda menikah. Semua pria lajang wajib menjadi prajurit dan tidak boleh berkeluarga.

Valentine, menyadari ketidakadilan keputusan tersebut, lalu menentang Claudius dan terus melakukan pernikahan bagi pecinta muda secara rahasia. Ketika Claudius mengetahuinya, iapun menghukum mati Valentine.

Cerita lain mengatakan, Valentine dibunuh karena berusaha membantu orang-orang Kristen melarikan diri dari penjara Romawi yang keras, di mana mereka sering dipukuli dan disiksa.

Yang lainnya mengatakan, sebelum dibunuh Valentine dipenjara. Di sana ia sering mengirimkan surat cinta kepada seorang wanita -mungkin puteri kepala penjara- yang sering mengunjunginya. Sebelum kematiannya, barulah surat-surat bertandatangan dirinya yang bertuliskan "Dari Valentine Anda (From Your Valentine)" diketahui. Ungkapan ini kemudian sering dipakai hingga sekarang.

Meskipun semua kebenaran di balik legenda Valentine suram, namun cerita-cerita ini justru memberikan daya tarik, simpatik, juga kesan heroik dan romantis. Ini menciptakan reputasi Valentine naik dan berhasil menjadikannya salah satu orang kudus paling populer di Inggris dan Perancis pada abad pertengahan hingga sekarang.

Sejak itu, Hari Valentine dirayakan setiap pertengahan bulan Februari, karena ditengarai Valentine lahir di tanggal tersebut.Ester Sondang