Ini Dia Tips Traveling ala Nadine Chandrawinata

By nova.id, Selasa, 9 September 2014 | 12:21 WIB
Ini Dia Tips Traveling ala Nadine Chandrawinata (nova.id)

Ini Dia Tips Traveling ala Nadine Chandrawinata (nova.id)

"Nadine Chandrawinata sangat menyukai kegiatan menyelam untuk menikamti alam bawah laut. (FOTO: INTAN Y. SEPTIANI/NOVA) "

Tabloidnova.com - Putri Indonesia 2005 Nadine Chandrawinata, saat ini lebih dikenal sebagai seorang traveler sekaligus diver atau seseorang yang sangat suka kegiatan menyelam (diving). Sudah banyak tempat yang Nadine kunjungi, khususnya sejumlah kawasan wisata eksotis di Tanah Air.  

Menurut Nadine, dirinya mulai suka berlibur dengan cara berpetualang di alam liar dan melakukan kegiatan menyelam untuk menikmati pemandangan indah di dasar laut sejak dirinya terpilih sebagai Putri Indonesia di tahun 2005.

Sejak itu pula lah dirinya otomatis menjadi duta Indonesia yang memiliki tugas salah satunya mempromosikan keindahan alam dan pariwisata Indonesia ke negara lain. Dan agar pengetahuannya mengenai sejumlah tempat wisata di Indonesia semakin kaya, mau tak mau Nadine harus mengenali lokasinya satu per satu.

Seiring berjalannya waktu, "Ternyata aku sangat suka diving. Aku bisa melihat segala jenis ikan yang mungkin sudah langka di bawah laut sana. Dan seiring waktu juga akhirnya aku jadi makin peduli dengan kelangsungan hidup biota laut dan terumbu karang di Indonesia.  Jadi selain melakukan hobi, aku juga sekaligus mengajak orang-orang untuk melakukan konservasi agar biota laut dan terumbu karang di laut Indonesia tidak lekas punah," paparnya.

Tak heran jika Nadine banyak terlibat dalam sejumlah kampanye untuk melestarikan kehidupan makhluk hidup bawah laut dan lingkungan sekitarnya, seperti menjaga kebersihan pantai dan air laut.

Kendati demikian, Nadine mengaku tak melalu melakukan perjalanan wisata dengan cara backpacker. Terkadang ia juga berlibur dengan cara yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap. "Aku memang enggak punya  style baku untuk traveling. Kadang backpacking kadang juga pilih cara yang nyaman, kok," katanya.

Dan agar traveling yang dilakukannya selalu menyenangkan dan penuh kesan, Nadine tentu punya tipsnya. "Paling penting adalah perencanaannya dulu yang matang, soalnya kalau mau diving di laut yang bagus harus cari lokasi yang agak jauh. Lalu cari waktu yang tepat, lebih baik luangkan waktu di luar masa liburan yang padat sehingga susah cari penerbangan dan penginapan," saran Nadine.

Selain itu, Nadine juga memberi saran, "Harus bisa berbaur dengan warga lokal. Apalagi aku punya misi untuk mengajak lingkungan sekitar untuk lebih mencintai laut mereka, supaya tidak buang sampah sembarangan atau menangkap ikan dengan cara yang tidak diperbolehkan. Dan harus bisa menyesuaikan diri dengan lokasi setempat, supaya tidak kaget jika ternyata lokasinya tak seperti yang dibayangkan atau diharapkan di awal."

Nah, berani mencoba traveling dan diving ala Nadine?

Intan/Tabloidnova.com