Detail Kematian Robin Williams yang Diumumkan Kepolisian Dianggap Menganggu

By nova.id, Kamis, 14 Agustus 2014 | 06:58 WIB
Detail Kematian Robin Williams yang Diumumkan Kepolisian Dianggap Menganggu (nova.id)

Detail Kematian Robin Williams yang Diumumkan Kepolisian Dianggap Menganggu (nova.id)

"Banyak kalangan menyayangkan pihak kepolisian setempat merilis laporan mengenai detail kematian Robin Williams. (DOK. E ONLINE.COM) "

Tabloidnova.com - Pasca Marin County Sheriff's Office Deputy Chief Coroner, Keith Boyd, merilis berita mengenai bagaimana pihaknya menemukan jasad aktor jenius Robin Williams di kediamannya, Tiburon, California, AS, pada Selasa (12/8) lalu, banyak pihak menyayangkan laporan itu diumumkan kepada khalayak.

Bahkan sejumlah pihak yang sangat membela Robin mengatakan, ada baiknya detail tentang kematian Robin itu lebih baik diberitahukan kepada pihak keluarga saja dan dianggap tak perlu disebarluaskan ke publik karena bisa menimbulkan banyak pendapat. Apalagi Robin diketahui meninggal dunia dengan cara menghabisi nyawanya sendiri.

Semula, kepolisian setempat hanya mengatakan bahwa Robin ditemukan tewas di dalam rumahnya akibat minum obat jenis asphyxia. Namun kemudian polisi merilis laporan, Robin ditemukan tewas akibat telah menggantung diri di kamarnya, dengan ikat pinggangnya.

"Kantor serif sangat memahami bagaimana akibat dari laporan yang kami rilis kemarin. Tentu itu akan menganggu sejumlah pihak dan dirasa tidak perlu oleh sebagain yang lain. Tetapi di bawah hukum Califronia, informasi seperti itu memang seharusnya diberitakan kepada masyarakat umum,"  tutur Boyd kepada media.

"Kasus ini, baik itu menarik perhatian public di seluruh dunia atau tidak, tetap akan membawa duka terutama bagi orang-orang yang dekat dengan orang yang meninggal dunia," imbuh Boyd. "Dan ini merupakan kebijakan kami untuk memilah apa yang boleh dan tidak diumumkan kepada media kemarin. Namun California Public Records Act tidak memberikan kami pandangan apa pun. Untuk alasan yang sama, kami juga telah mengumumkan ke media perihal adanya telepon darurat ke 911 dari kediaman Mr. Williams, sebagaimana kemudian semua pun tahu apa yang terjadi. Di hari itu, kami juga menerima nomor resmi dari Public Act Requests dan berdasarkan hukum yang berlaku, kami akan mengusut kasus ini hingga sekitar 10 hari ke depan."

"Sementara kami terus bekerja bersama County Counsel's Office untuk mengetahui apakah ada reaksi dari Public Records Act, maka kami akan mengizinkan untuk memeriksa rilis yang telah kami keluarkan. Namun demikian, berdasarkan pengalaman saya, kami sudah melakukan hal yang sesuai dengan hukum yang berlaku," papar Boyd lagi.

Di sisi lain, sejumlah sumber yang dekat dengan keluarga Robin mengatakan, pihak keluarga sedang merencanakan untuk melakukan upacara pemakaman Robin di Bay Area. Dan hingga saat ini, penghargaan terhadap Robin masih terus mengalir, baik di dunia nyata maupun dunia maya.

Bahkan sejumlah tempat yang berkaitan dnegan diri Robin maupun film-filmnya, termasuk kolasi syuting yang pernah dipakai Robin untuk film-filmnya, seperti bangku taman di mana Robin pernah duduk bersama Matt Damon di film Good Will Hunting, hingga  sebuah rumah yang berada di San Francisco, di mana keluarga Hillard dan Mrs. Doubtfire tinggal selama syuting film fenomenal Mrs. Doubtfire, masih terus dipenuhi bunga dan catatan tentang rasa kehilangan atas kepergian Robin.

Intan Y. Septiani/Tabloidnova.com