Mengenang Mendiang Robin Williams

By nova.id, Selasa, 12 Agustus 2014 | 06:31 WIB
Mengenang Mendiang Robin Williams (nova.id)

Mengenang Mendiang Robin Williams (nova.id)

"Robin Williams (eonline) "

Tabloidnova.com - Aktor Robin Williams yang baru saja dikabarkan meninggal dunia di usianya yang ke-63 tahun dengan cara yang mengejutkan, tragis, dan mengenaskan, diduga bunuh diri akibat menenggak obat jenis asphyxia dan ditemukan tak bernyawa di kediamannya, Tiburon, California, AS, telah meninggalkan banyak cerita seputar dirinya.

Robin lahir pada tanggal 21 Juli 1951 di Chicago, Illionis, namun dibesarkan di kawasan Bloomfield, Michigan. Karier keartisannya dimulai dengan menjadi pelaku stand up comedy atau biasa disebut comic, di San Fransisco pada tahun 1972. Sejak itu, namanya mulai dikenal dan populer sebagai komedian solo.

Selanjutnya, Robin mulai muncul di layar kaca lewat serial komedi tentang makhluk luar angkasa berjudul Mork and Mindy yang tayang sejak tahun 1978 hingga 1982. Dilanjutkan dengan perannya di dua film layar lebar pertamanya yang dianggap gagal, yakni Popeye dan The according to Garp.

Namun namanya sebagai aktor serba bisa mulai diperhitungkan saat ia terlibat dalam sejumlah film layar lebar seperti Good Morning Vietnam (1987), Dead Poet Sociaty (1989) yang sangat menginspirasi kaum muda dunia, bermain bersama Robert De Niro di film Awakenings (1990), lalu mengisi suara untuk salah satu tokoh di film animasi Aladdin (1992), Patch Adams, Jumanji (1995), Insomnia, Mrs. Doubtfire, One Hour Photo, dan masih banyak lagi.

Robin juga pernah dinominasikan untuk meraih Piala Oscar dalam ajang Academy Awards 1997 untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik dalam film Good Will Hunting. Sebagai aktor Robin dikenal sebagai salah satu bintang film kawakan Hollywood yang sangat berdedikasi saat memerankan berbagai karakternya yang sangat variatif. Kendati lebih banyak bermain dalam film bergenre komedi, namun Robin juga sangat mahir memerankan sosok serius di sejumlah film bergenre drama.

Robin pernah menikah dengan wanita bernama Valerie Velardi selama 10 tahun, dari tahun 1978 hingga 1988. Namun keduanya kemudian bercerai. Robin kemudian menikah kembali dengan wanita bernama Marsha Garces Williams dari tahun 1989, namun runah tangga mereka hanya bertahan hingga tahun 2008. Dan hingga akhir hayatnya Robin didampingi oleh istri ketiganya, Susan Schneider yang dinikahinya pada tahun 2011.

Robin memiliki tiga anak. Dari istri pertamanya Robin memiliki anak bernama Zachary Pym Williams yang lahir tahun 1983. Kemudian dari istri keduanya, yang merupakan pengasuh Zachary, lahir dua anak, yakni Zelda Rae Williams yang lahir tahun 1991 dan Cody Alan Williams yang lahir tahun 1993.

Sejak sering tampil di film layar lebar dan namanya semakin populer, Robin mulai kecanduan narkoba jenis kokain. Ia bahkan tak bisa lepas dari minuman beralkohol. Beberapa kali Robin dikabarkan menjalani pengobatan untuk menyembuhkan kecanduannya dari dua jenis barang haram itu. Bahkan Robin pernah dirawat untuk beberapa lama demi menyembuhkan penyakit yang menyerang hatinya, pasca dilakukan operasi untuk organ tubuhnya itu.

Akibat dari kecanduannya itu, memasuki usia akhir 50an, Robin mulai menderita bipolar disorder. Ia kerap merasakan depresi tak tertahankan untuk bisa memulihkan dirinya. Menjelang ajalnya, Robin sebenarnya tengah terlibat produksi film sekuel Mrs. Doubtfire yang sangat sukses sebagai box office dunia di tahun 1993. Sayang, Robin sudah menutup usia di usianya yang ke 63 tahun, sebelum khalayak menyaksikan kembali kejeniusannya dalam berakting.

Sejumlah sahabat, termasuk Presiden AS Barack Obama pun mengucapkan rasa kehilangannya yang sangat mendalam untuk aktor multitalenta yang sangat mahir mengubah-ubah mimik.wajah dan suaranya ini menjadi karakter lain.

Selamat jalan, Robin Williams!

Intan/Tabloidnova.com